Kompas.com - 10/11/2021, 08:26 WIB
Ilustrasi TikTok businessinsider.comIlustrasi TikTok

KOMPAS.com - Perusahaan Consumer Intelligence, Talkwalker yang bekerja sama dengan platform Customer Relationship Management, HubSpot merilis laporan terbaru tentang tren media sosial tahun 2022 mendatang.

Dalam laporannya, disebutkan bahwa TikTok akan menguasai platform media sosial tahun 2022 mendatang. Salah satu faktor pendorongnya adalah konten yang sangat dipersonalisasi sesuai penggunanya.

Menurut Benjamin Soubies, Managing Director, APAC & Japan, Talkwalker, TikTok memiliki "keunikan" yang belum dimiliki kompetitornya.

"Kami melihat konten TikTok digunakan kembali (dibagikan ulang) di media sosial lainnya," jelas Benjamin.

Baca juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Fenomena itu, menurut Benjamin tidak ditemuinya di platform lain, seperti Reels Instagram atau YouTube Shorts.

Sistem rekomendasi TikTok juga disebut bisa membantu brand untuk mendapatkan peluang untuk menghubungkan brand ke audiens TikTok yang sesuai. Apalagi, TikTok telah melebarkan sayap ke bisnis e-commerce dengan meluncurkan fitur TikTok Shop beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut laporan Talkwalker dan HubSpot, pertumbuhan TikTok sangat pesat sejak tahun 2017.

Momentum lain datang di tahun 2020, di mana banyak orang memiiki banyak waktu dengan gadget mereka, akibat sebagian besar negara memberlakukan karantina wilayah karena pandemi.

Hingga pertengahan tahun ini, percakapan di TikTok disebut tumbuh 61 persen dari tahun ke tahun. Bahkan, TikTok mulai merangsek ke dominasi Facebook dkk, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang mencapai 3 miliar unduhan secara global.

Beberapa waktu lalu, TikTok juga mengumumkan jumlah penggunanya tembus angka 1 miliar pengguna aktif bulanan. Menurut Talkwalker dan HubSpot, banyak merek beralih ke TikTok selama pandemi untuk mempromosikan produk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.