Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Surface Laptop SE, Harga Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 10/11/2021, 14:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft baru saja mengumumkan sistem operasi (OS) Windows 11 SE, versi baru dari Windows 11 yang dirilis Oktober lalu.

Tidak cuma OS, raksasa software itu juga memperkenalkan gadget baru, yakni Surface Laptop SE yang langsung dibekali OS Windows 11 SE.

Mirip dengan Chromebook yang menjalankan sistem operasi ChromeOS, Surface Laptop SE juga ditargetkan untuk segmen pendidikan, mencakup guru, pelajar, hingga admin IT sekolah di jenjang pendidikan sekolah dasar hingga menengah pertama.

"Kami mendengar para pendidik bahwa mereka butuh opsi yang lebih sederhana, aman, dan bisa mendukung perangkat yang lebih murah," kata Paige Johnson, Wakil Presiden untuk Education Marketing Microsoft, dirangkum dari blog Windows.

Baca juga: Apa Itu Chromebook dan Bedanya dengan Laptop Biasa?

Laptop ini disebut mirip dengan Surface Laptop Go, hanya saja bodinya terbuat dari bahan plastik. Surface Laptop SE memiliki diagonal layar 11,6 inci denagn resolusi 1.366 x 768.

Layar tersebut memiliki rasio aspek 16:9. Ini adalah laptop Surface pertama yang memiliki rasio aspek tersebut, setelah lebih dari tujuh tahun laptop Surface menggunakan rasio aspek 3:2.

Perangkat ini ditenagai prosesor Intel Celeron N4020 atau N4120 yang dipadu dengan RAM 4 GB atau 8 GB, serta penyimpanan eMMC sebesar 64 GB atau 128 GB. Di sisi depan terdapat sebuah kamera 1-megapiksel dengan resolusi 720p.

Baca juga: Daftar Laptop Chromebook yang Akan Dibuat di Indonesia Berikut Harganya

Laptop ini memiliki beberapa port, di antaranya USB-A, USB-C, dan barel konektor DC, dan headphone jack 3,5 mm. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (10/11/2021), Microsoft menjanjikan perbaikan besar untuk Surface Laptop SE.

Sehingga, guru dan pelajar bisa meminta penggantian komponen di dalam laptop. Surface Laptop SE memiliki baut standar, sehingga admin IT bisa mengganti layar, baterai, keyboard bahkan motherboard.

Kabarnya, Microsoft sampai menghabiskan waktu 18 bulan untuk berdiskusi dengan admin IT untuk membahas kesulitan mengelola laptop sekolah. Menurut Microsoft, kemudahan untuk diperbaiki menjadi salah satu hal utama.

Baca juga: Microsoft Disebut Siapkan Windows 11 SE untuk Saingi Chromebook

Microsoft akan menjual suku cadang Surface Laptop SE melalui layanan provider resmi. Sehingga, pihak sekolah bisa mengganti komponen di tempat tanpa harus mengirim perangkat apabila ingin diservis.

Surface Laptop SE dijual mulai dari harga 249 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta untuk model RAM 4 GB dan memori 64 GB. Model yang lebih tinggi, yakni yang memiliki konfigurasi memori RAM 8 GB/128 GB dibanderol 329 dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

Rencananya, Microsoft akan merilis laptop ini di awal tahun 2022 di beberapa negara, yakni Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang.

Beberapa vendor laptop lain disebut siap untuk menggunakan Windows 11 SE. Mereka adalah Acer, Asus, Dell, Dynabook, Fujitsu, HP, JK-IP, Lenovo, dan Positivo yang didukung oleh prosesor Intel dan AMD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com