Kompas.com - 10/11/2021, 14:01 WIB
Surface Laptop SE yang menjalankan WIndows 11 SE. Pocket-LintSurface Laptop SE yang menjalankan WIndows 11 SE.

KOMPAS.com - Microsoft baru saja mengumumkan sistem operasi (OS) Windows 11 SE, versi baru dari Windows 11 yang dirilis Oktober lalu.

Tidak cuma OS, raksasa software itu juga memperkenalkan gadget baru, yakni Surface Laptop SE yang langsung dibekali OS Windows 11 SE.

Mirip dengan Chromebook yang menjalankan sistem operasi ChromeOS, Surface Laptop SE juga ditargetkan untuk segmen pendidikan, mencakup guru, pelajar, hingga admin IT sekolah di jenjang pendidikan sekolah dasar hingga menengah pertama.

"Kami mendengar para pendidik bahwa mereka butuh opsi yang lebih sederhana, aman, dan bisa mendukung perangkat yang lebih murah," kata Paige Johnson, Wakil Presiden untuk Education Marketing Microsoft, dirangkum dari blog Windows.

Baca juga: Apa Itu Chromebook dan Bedanya dengan Laptop Biasa?

Laptop ini disebut mirip dengan Surface Laptop Go, hanya saja bodinya terbuat dari bahan plastik. Surface Laptop SE memiliki diagonal layar 11,6 inci denagn resolusi 1.366 x 768.

Layar tersebut memiliki rasio aspek 16:9. Ini adalah laptop Surface pertama yang memiliki rasio aspek tersebut, setelah lebih dari tujuh tahun laptop Surface menggunakan rasio aspek 3:2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perangkat ini ditenagai prosesor Intel Celeron N4020 atau N4120 yang dipadu dengan RAM 4 GB atau 8 GB, serta penyimpanan eMMC sebesar 64 GB atau 128 GB. Di sisi depan terdapat sebuah kamera 1-megapiksel dengan resolusi 720p.

Baca juga: Daftar Laptop Chromebook yang Akan Dibuat di Indonesia Berikut Harganya

Laptop ini memiliki beberapa port, di antaranya USB-A, USB-C, dan barel konektor DC, dan headphone jack 3,5 mm. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (10/11/2021), Microsoft menjanjikan perbaikan besar untuk Surface Laptop SE.

Sehingga, guru dan pelajar bisa meminta penggantian komponen di dalam laptop. Surface Laptop SE memiliki baut standar, sehingga admin IT bisa mengganti layar, baterai, keyboard bahkan motherboard.

Kabarnya, Microsoft sampai menghabiskan waktu 18 bulan untuk berdiskusi dengan admin IT untuk membahas kesulitan mengelola laptop sekolah. Menurut Microsoft, kemudahan untuk diperbaiki menjadi salah satu hal utama.

Baca juga: Microsoft Disebut Siapkan Windows 11 SE untuk Saingi Chromebook

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.