Epson Luncurkan 5 Printer "Tinta Infus" Baru di Indonesia

Kompas.com - 10/11/2021, 15:29 WIB
Printer Epson EcoTank L-5290 Epson IndonesiaPrinter Epson EcoTank L-5290

KOMPAS.com - Merayakan 11 tahun kelahiran printer ink tank pertamanya, Epson Indonesia meluncurkan lima printer EcoTank L-series terbarunya di Indonesia, pada hari ini, Rabu (10/11/2021).

Eco-Tank L-series ini adalah printer inkjet dari Epson dengan sistem tinta ink tank atau "tinta infus".

Senior Manager of Consumer & Retail Development Department PT Epson Indonesia, Syahrizal Apriyanto mengatakan, lima printer baru itu mengisi tiga segmen pasar yang berbeda, yakni entry level, kelas menengah (mid-range), dan bisnis.

Baca juga: IDC: Industri Printer Indonesia Merosot Tajam

Adapun lima printer baru Epson Eco-Tank L-series itu adalah sebagai berikut:

  • Epson EcoTank L-1250 (entry level)
  • Epson EcoTank L-3250 (entry level)
  • Epson EcoTank L-5290 (entry level)
  • Epson EcoTank L-6290 (mid-range series)
  • Epson EcoTank L-6490 (business series)

"Kami percaya berbagai produk yang berbeda akan memenuhi kebutuhan pengguna dan market yang berbeda berdasarkan perilaku cetak di masing-masing segmen," kata Syahrizal dalam acara peluncuran virtual, Rabu siang.

Epson Indonesia meluncurkan lima printer EcoTank L-seris baru dan satu printer sublimasi secara daring, pada Rabu (10/11/2021).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Epson Indonesia meluncurkan lima printer EcoTank L-seris baru dan satu printer sublimasi secara daring, pada Rabu (10/11/2021).
Karena berbeda segmen, lima printer ini juga dibekali dengan kemampuan yang berbeda-beda pula, seperti untuk cetak (print) saja, atau juga bisa untuk scan dan copy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut tabel kemampuan dari masing-masing printer EcoTank L-series baru Epson:

Model Print Scan Copy WiFi Fax
L1250 (Black) Bisa        
L3250 (Black) Bisa Bisa Bisa Bisa  
L5290 (Black) Bisa Bisa Bisa Bisa Bisa
L6290 (Black) Bisa Bisa Bisa Bisa Bisa
L6490 (Black) Bisa Bisa Bisa Bisa Bisa

Aplikasi pendukung baru

Syahrizal mengungkapkan, lima printer EcoTank L-series ini dibekali dengan sejumlah fitur baru.

Fitur baru pertama, yakni adanya aplikasi dukungan baru untuk kegiatan pencetakan tanpa kabel (wireless).

"Pada kesempatan ini, kami juga memperkenalkan aplikasi baru yang disebut Epson Smart Panel," kata Syahrizal.

Ia menjelaskan, aplikasi Epson Smart Panel dapat berfungsi sebagai layar LCD printer, tapi kelebihannya layar ini berada langsung di smartphone pengguna. Aplikasi ini juga diibaratkan sebagai pusat kendali printer secara wireless.

Baca juga: Epson Kuasai Pasar Proyektor Dunia

Pasalnya, Syahrizal, pengguna dimungkinkan untuk mencetak, scan, copy, dan memantau printer langsung di aplikasi Epson Smart Panel yang ada di ponsel.

Kecepatan ditingkatkan

Syahrizal juga menyampaikan, Epson telha meningkatkan kecepatan cetak di lini produk EcoTank L-series ini.

Ia merinci, untuk seri entry level, seri L12xx, L32xx, dan L52xx, kini, hadir dengan kecepatan hingga 10 ipm (image per minute) untuk cetak hitam, dan 5 ipm untuk cetak warna.

Lalu seri mid-range dengan nomor model L62xx hadir dengan kecepatan 15,5 ipm untuk cetak hitam dan 8,5 ipm untuk cetak warna.

Terakhir, seri L-64xx yang jadi produk bisnis unggulan Epson, hadir dengan kecepatan cetak hingga 17 ipm untuk cetak hitam, dan 9,5 ipm untuk cetak warna.

Daur ulang

Fitur unggulan lain yang dihadirkan di lini produk EcoTank adalah mendukung keberlanjutan (sustainability). Sebagai usaha untuk mencapai keberlanjutan, Syahrizal mengungkapkan, Epson sudah mulai menggunakan plastik daur ulang untuk produksi hardware miliknya.

"Dan kami ignin meningkatkan penggunaan plastik daur ulang hingga 30 persen dalam produksi printer EcoTank pada akhir tahun ini," tambah dia.

Selain hardware, Syahrizal mengungkapkan, kemasan printer EcoTank buatan Epson sebanyak 80 persen di antaranya sudah menggunakan karton daur ulang.

Di samping fitur-fitur tadi, Syahrizal mengatakan, printer EcoTank Epson ini masih mengunggulkan kemampuan cetak yang tinggi dengan biaya operasional yang rendah.

Baca juga: 5 Tips Memilih Printer, Lebih Baik Sedikit Mahal tetapi Awet dan Hemat Biaya Perawatan

Dengan kapasitas botol tinta yang besar dibandingkan isi cartridge, printer EcoTank Epson ini disebut bisa mencetak lebih banyak halaman sebelum harus diisi ulang, yakni mencetak 7.500 halaman untuk hitam dan 6.000 halaman untuk berwarna. Dengan begitu, ongkos cetak pun disebut dapat ditekan.

Harga dan ketersediaan

Untuk ketersedian, deretan printer baru ini sudah bisa dibeli toko atau diler resmi Epson pada awal November ini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, di Indonesia, lima printer Epson EcoTank L-series ini dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang paling murah Rp 2,5 juta hingga paling mahal Rp 6,7 juta.

Berikut daftar lengkap harga printer Epson Eco-Tank L-Series terbaru Epson, per November 2021:

  • Epson EcoTank L-1250 - Rp 2.520.000
  • Epson EcoTank L-3250 - Rp 3.850.000
  • Epson EcoTank L-5290 - Rp 4.989.000
  • Epson EcoTank L-6290 - Rp 6.863.000
  • Epson EcoTank L-6490 - Rp 6.755.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.