Epson Perkenalkan Smart Panel, Aplikasi untuk Print dan Scan dari Smartphone

Kompas.com - 10/11/2021, 15:57 WIB
Ilustrasi aplikasi pendukung baru untuk printer Epson berteknologi WiFi, namanya Epson Smart Panel. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi pendukung baru untuk printer Epson berteknologi WiFi, namanya Epson Smart Panel.

KOMPAS.com - Epson baru saja meluncurkan lima model printer EcoTank L-series terbarunya di Indonesia. Bersamaan dengan itu, Epson turut memperkenalkan aplikasi bernama Epson Smart Panel yang memungkinkan pengguna melakukan pencetakan dokumen sekaligus scanning lewat ponsel.

Senior Manager of Consumer & Retail Development Department PT Epson Indonesia, Syahrizal Apriyanto mengatkan bahwa Smart Panel adalah pusat kendali untuk mengontrol printer secara nirkabel dari ponsel. 

"Anda dapat menggunakannya untuk mencetak, scan, copy, dan memantau printer dengan mudah melalui ponsel," ujar Syahrizal dalam acara daring yang digelar Epson pada Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Epson Luncurkan 5 Printer Tinta Infus Baru di Indonesia

Aplikasi Smart Panel di ponsel dan printer Epson dapat saling terhubung melalui jaringan WI-Fi lokal via router. Karena itu, aplikasi ini hanya bisa digunakan dengan printer Epson yang memiliki fitur Wi-Fi saja. 

Head of Marketing Division PT Epson Indonesia Riswin Li merinci, model printer yang mendukung teknologi WiFi dan bisa dikendalikan lewat aplikasi Epson Smart Panel di antaranya adalah empat printer EcoTank L-series yang baru diluncurkan hari ini, Rabu (10/11/2021).

Empat printer tersebut adalah EcoTank L-series model L3250, L5290, L6290, dan L6490. Di samping itu, Riswin juga menyebutkan perinter Epson EcoTank L-series model L3520 dan L-4660 juga sudah dibekali teknologi Wi-Fi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk lebih lengkapnya, daftar printer Epson yang sudah mendukung aplikasi Epson Smart Panel dapat disimak melalui tautan berikut.

Fitur-fitur di aplikasi Epson Smart Panel

Pantauan KompasTekno, Epson Smart Panel sudah bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store di tautan ini, dan toko aplikasi Apple App Store di link berikut.

Baca juga: Incar Tiga Segmen Pasar, Epson Luncurkan 8 Printer Baru

Setelah diunduh, pengguna perlu menghubungkan ponsel dengan printer Epson melalui jaringan Wi-Fi yang sama. Setelah terhubung, pengguna bisa melakukan beberapa hal seperti disebutkan di bawah.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi Epson Smart Panel.Play Store/ Epson Smart Panel Fitur-fitur yang ada di aplikasi Epson Smart Panel.

  • Pertama, pengguna bisa mencetak dokumen, foto, poster, dan konten lainnya langsung dari ponsel, tanpa perlu repot-repot menghubungkan kabel dari printer ke komputer.

  • Kedua, pengguna bisa melakukan pemindaian (scan) dokumen langsung dari aplikasi.
    Dalam sebuah video demo penggunaan aplikasi Epson Smart Panel, pengguna hanya perlu memilih fitur "Scan PDF/A4/Color" yang ada di dalam aplikasi untuk memindai dokumen. Setelah itu, pengguna bisa memotret dokumen yang ingin di-scan, layaknya mengambil foto.

  • Ketiga, pengguna juga bisa melakukan fotokopi dokumen langsung dari ponsel, yakni dengan mengakses fitur "Copy Color/Letter/Plain". Di fitur copy ini, pengguna bisa mengatur berapa banyak jumlah fotokopi yang diinginkan.

  • Keempat, karena berperan sebagai pusat kendali wireless, pengguna tak perlu berada tepat di sebelah printer saat ingin print, scan, atau copy dokumen. Dalam video demo, pengguna masih bisa melakukan print meski berdiri beberapa meter lebih jauh dari printer.

  • Kelima, pengguna bisa menggunakan aplikasi Epson Smart Panel untuk memantau sisa tinta hingga mengatasi error.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.