Epson Indonesia Luncurkan SureColor F-130, Printer Tekstil untuk UMKM

Kompas.com - 10/11/2021, 20:08 WIB
Printer Epson SureColor F130 untuk cetak gambar digital di atas media tekstil atau permukaan rigid. Epson IndonesiaPrinter Epson SureColor F130 untuk cetak gambar digital di atas media tekstil atau permukaan rigid.

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran lima printer EcoTank L-series baru, Epson Indonesia juga resmi meluncurkan printer sublimasi pewarna (dye-sublimation) ukuran A4 pertamanya, bernama SureColor F-130 (SC-F130), pada Rabu (10/11/2021).

Printer sublimasi pewarna ini digunakan untuk mencetak (print) gambar digital dengan kertas transfer khusus dan tinta sublimasi khusus. Dengan begitu, gambar digital tersebut dapat dipindahkan ke media lain, biasanya ke bahan tekstil (bahan polyester), plastik, dan keramik.

Menurut Epson, printer baru ini dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha kecil dan menengah
yang memproduksi produk tekstil (baju, tas, topi, celemek) dan permukaan rigid/kaku (mug, softcase ponsel, tatakan gelas, dsb) dengan gambar digital.

Sebab selama ini, printer sublimasi pewarna dari Epson hanya tersedia dalam ukuran yang besar, seperti 24 inci, 44 inci, 64 inci, hingga 76 inci.

Baca juga: Epson Luncurkan 5 Printer Tinta Infus Baru di Indonesia

Karena itu, pelaku UMKM biasanya harus memodifikasi printer "kertas" Epson EcoTank L-series untuk mencetak di medium yang dikehendaki. Caranya dengan mengganti tinta konvensional, dengan tinta sublimasi.

Menurut Senior Manager of Commercial and Industrial Business PT Epson Indonesia, Lina Mariani, modifikasi semacam itu memiliki konsekuensi tersendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya hasil cetak yang tidak maksimal hingga hilangnya garansi printer L-series karena menggunakan tinta tak sesuai jenisnya.

"Makanya, kami yakin, produk ini dapat menjawab permintaan pasar akan mesin sublimasi ukuran kecil dan untuk memenuhi kebutuhan para pelaku industri mikro dan kecil di Tanah Air," kata Lina dalam sebuah acara daring, Rabu (10/11/2021).

Bisa cetak 15.000 lembar ukuran A4

Lina mengungkapkan beberapa keuntungan menggunakan printer dye-sublimation SC-F130 dibandingkan dengan menggunakan printer sublimasi modifikasi.

Dengan menggunakan SC-F130, kata Lina, pengguna bisa mendapatkan printer yang memang didesain khusus untuk mencetak di media tekstil atau permukaan rigid.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.