Kompas.com - 11/11/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi jumlah dislike dalam sebuah video yang diunggah YouTube. CnetIlustrasi jumlah dislike dalam sebuah video yang diunggah YouTube.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Setelah diuji coba selama beberapa bulan, YouTube akhirnya resmi menerapkan kebijakan baru di platformnya. YouTube kini menyembunyikan jumlah dislike (tidak suka/jempol ke bawah) dalam sebuah video.

Hal itu disampaikan YouTube dalam blog resminya. Dengan berlakunya kebijakan ini, para penonton YouTube tak lagi bisa melihat angka jumlah dislike di sebuah video.

Meski demikian, bukan berarti tombol "dislike" juga ikut hilang sepenuhnya.

Pengguna YouTube masih bisa melihat ikon dislike dan meng-kliknya, apabila mereka tidak suka dengan isi konten di dalam video yang sedang mereka tonton.

Selain itu, kreator konten atau pengunggah video juga tetap dapat melihat jumlah dislike yang ia terima melalui halaman YouTube Studio.

Di sisi lain, jumlah likes (suka/jempol ke atas) masih tetap bisa dilihat oleh penonton dan juga di-klik dengan normal.

Baca juga: Video YouTube Jenis Ini Tak Bisa Lagi Dimonetisasi Mulai Bulan Depan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut YouTube, kebijakan ini diterapkan untuk membuat kebiasaan menonton di platform tersebut berubah, sekaligus menciptakan ruang positif untuk kreator konten berekspresi dan berkreasi. 

"Dalam masa uji coba, kami mendengar bahwa beberapa pengguna melihat jumlah dislike sebagai pertimbangan untuk menonton sebuah video," jelas YouTube dalam sebuah pernyataan, dikutip KompasTekno dari Blog YouTube, Kamis (11/11/2021).

"Kami tahu beberapa pengguna mungkin tidak akan setuju dengan kebijakan ini, namun, kami percaya ini langkah yang tepat untuk platform YouTube," imbuh YouTube.

Diterapkan bertahap

Menurut YouTube, kebijakan terbaru terkait jumlah dislike ini bakal mulai diterapkan di platform mereka secara bertahap, mungkin ke beberapa pengguna di beberapa negara. Tidak disebutkan kapan pengguna YouTube di Indonesia akan kebagian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.