Facebook Ungkap Jumlah Posting "Bullying" dan Pelecehan di Platformnya

Kompas.com - 11/11/2021, 09:33 WIB
ilustrasi Facebook Bloombergilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Facebook mengungkap laporan angka prevalensi kasus perundungan (bullying) dan pelecehan di media sosialnya.

Laporan ini dibuat berdasarkan data Community Standards Enforcement Report Facebook sepanjang kuartal III-2021.

Prevalensi adalah statistik yang digunakan Facebook untuk melacak keberadaan konten-konten yang dianggap melanggar kebijakan, yang lolos dari sistem deteksi otomatis Facebook.

Menurut laporan Facebook, prevalensi bullying dan pelecehan di Facebook pada kuartal III-2021 adalah sebesar 0,14-0,15 persen untuk setiap 10.000 konten yang ditampilkan.

Baca juga: Facebook Diminta Bayar Rp 287 Miliar gara-gara Ganti Nama Jadi Meta

Artinya, dari setiap 10.000 konten yang muncul di Facebook, terdapat 5 hingga 6 konten yang mengandung unsur bullying dan pelecehan, yang lolos dari sistem deteksi otomatis Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook sendiri mengklaim telah menghapus 9,2 juta konten bullying dan pelecehan di platformnya pada kuartal III-2021.

Dari 9,2 juta konten tersebut, 59,4 persen di antaranya diidentifikasi secara proaktif lewat sistem otomatis berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

"Bullying dan pelecehan adalah salah satu masalah paling kompleks yang harus segera ditangani karena konteksnya sangat penting," kata Antigone Davis (Global Head of Safety Facebook) dan Amit Bhattacharyya (Product Management Director Facebook).

Di samping itu, prevalensi kasus kekerasan dan intimidasi di Facebook pada kuartal ketiga 2021 adalah sebesar 0,04-0,05 persen untuk setiap 10.000 konten yang ditampilkan.

Itu artinya, dari setiap 10.000 konten yang muncul di Facebook, terdapat 4 hingga 5 konten yang mengandung kekerasan dan intimidasi.

Baca juga: 49 Persen Netizen di Indonesia Pernah Mengalami Bullying di Medsos

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.