Kompas.com - 11/11/2021, 15:03 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Kecanduan media sosial menjadi salah satu masalah kesehatan mental bagi manusia modern saat ini.

Beberapa vendor software pun mulai merilis fitur untuk membantu pengguna mengelola waktu bermain media sosial. Seperti Android yang merilis fitur digital well-being pada 2018 lalu.

Kini, Instagram mengikuti jejak tersebut. Platform berbagi video dan foto itu sedang menguji coba fitur "Take a Break" atau rehat.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri dalam sebuah video pendek yang diunggah ke akun Instagram dan Twitter pribadinya.

Baca juga: Instagram Berbayar Muncul di iOS, Harga Berlanganan Mulai Rp 14.000

Seperti namanya, fitur ini akan mengimbau pengguna untuk berhenti sejenak dari aplikasi Instagram.

"Kontrol ini memungkinkan Anda menerima pengingat waktu untuk istirahat di dalam aplikasi setelah sampai durasi yang Anda pilih," jelas Mosseri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tengah-tengah scrolling linimasa, akan muncul notifikasi pengingat untuk istirahat. Ada dua opsi yang bisa dipilih yakni "aktifkan" atau "tidak sekarang".

Jika memilih mengaktifkan sekarang, pengguna akan diarahkan untuk memilih durasi waktu penggunaan Instagram, mulai dari 10 menit, 20, menit, hingga 30 menit. Peringatan untuk istirahat akan muncul sesuai durasi yang telah dipilih.

Pengguna juga bisa menon-aktifkan fitur tersebut dengan memilih opsi "off/matikan".

Setelah memilih durasi, Instagram akan memberi imbauan untuk menutup aplikasi dan merekomendasi beberapa hal, seperti mengatur nafas, menuliskan hal-hal yang sedang dipikirkan, mendengarkan lagu favorit, dan membuat daftar kegiatan.

Baca juga: Postingan Instagram Cerminkan Kesehatan Mental

Tangkapan layar demonstrasi fitur Take a Break yang diumumkan CEO Instagram, Adam Mosseri.Twitter/Adam Mosseri Tangkapan layar demonstrasi fitur Take a Break yang diumumkan CEO Instagram, Adam Mosseri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.