Transaksi Jual-Beli Karya Digital NFT Tembus Rp 152 Triliun

Kompas.com - 11/11/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi NFT. BBCIlustrasi NFT.

KOMPAS.com - Non-Fungible Token atau NFT tengah naik daun. Dengan NFT, aset atau karya digital bisa dijual dan dipastikan keasliannya, meski banyak duplikasi yang beredar di internet.

Karena keistimewaan ini, NFT sering digunakan orang-orang sebagai cara alternatif untuk menjual karya seni atau "konten" digitalnya.

Popularitas NFT ini juga semakin meroket. Bahkan nilai transaksi penjualan NFT mencetak rekor tertinggi baru. Setidaknya begitulah data menurut firma riset pasar, DappRadar.

Menurut data terbaru DappRadar, penjualan NFT menembus angka tertinggi, yakni 10,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 152 triliun) pada kuartal III-2021.

Nilai transaksi itu naik lebih dari delapan kali lipat bila dibandingkan dengan kuartal II-2021, di mana nilai transaksinya hanya mencapai 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18,5 triliun.

Popularitas NFT memang mulai menanjak di awal tahun 2021 ini. Terlihat dari nilai transaksi NFT yang mulai melebihi 1 miliar dollar AS.

Sebelumnya, berdasarkan data DappRadar, nilai transaksi NFT hanya mentok di 52,8 juta dollar AS saja di akhir tahun 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal NFT, Aset Kripto yang Tengah Naik Daun

Total transaksi penjualan NFT per kuartalan. DappRadar via Reuters Total transaksi penjualan NFT per kuartalan.
Penjual dan pembeli NFT tumbuh

Kenaikan nilai transaksi itu agaknya juga didongkrak oleh pertumbuhan jumlah penjual (seller) dan pembeli (buyer) NFT selama kuartal III-2021.

Berdasarkan data di situs NonFungible, setidaknya ada 122.910 dompet kripto yang menjual (seller) dan 260.489 dompet kripto yang menjadi pembeli (buyer) minimal satu NFT pada kuartal ini.

Pada periode sebelumnya, yakni kuartal II-2021, jumlah seller NFT tercatat di angka 40.056, sementara buyer NFT sebanyak 97.658 dompet kripto.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.