Kompas.com - 12/11/2021, 12:10 WIB
Tampilan Xiaomi 11T (kiri) dan 11T Pro (kanan) dari bagian depan tampak sama persis. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoTampilan Xiaomi 11T (kiri) dan 11T Pro (kanan) dari bagian depan tampak sama persis.

KOMPAS.com - Ketika membeli ponsel baru, pengguna biasanya mau tidak mau harus menggunakan aplikasi default bawaan perangkat. Misalnya aplikasi browser atau peramban.

Biasanya, setiap merk smartphone memiliki browser-nya masing-masing, termasuk Xiaomi. Xiaomi memiliki browser web bawaan bernama Mi Browser.

Bagi pengguna setia browser lain, seperti Chrome, Opera, atau Firefox, hal tersebut bakal membuat pengalaman berselancar di internet menjadi kurang nyaman. Sebab, antarmuka dan fitur-fitur di Mi Browser berbeda dan asing.

Namun, pengguna tak perlu pusing. Pasalnya, Xiaomi masih memperbolehkan pengguna untuk mengganti pilihan web browser di ponselnya sesuai dengan preferensinya masing-masing.

Caranya mengganti Mi Browser dengan browser lain juga terbilang mudah. Berikut KompasTekno berikan panduan mengganti browser default di HP Xiaomi.

Sebagai catatan, dalam tutorial ini, KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi 11T Pro dengan Android 11 dan antarmuka MIUI 12.5.1, berikut caranya:

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Xiaomi 11T vs 11T Pro

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengganti browser bawaan Mi Browser di HP Xiaomi, dengan broser Chrome atau lainnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengganti browser bawaan Mi Browser di HP Xiaomi, dengan broser Chrome atau lainnya.

  • Pertama, pengguna perlu mengunduh browser kesukaannya masing-masing. Khusus untuk Chrome, pengguna tak perlu repot-repot mengunduhnya lagi sebab sudah menjadi aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi.
    Namun, bagi pengguna browser lainnya seperti Opera, Firefox, UC Browser dan lainnya, perlu install browser kesukannya secara mandiri di toko aplikasi Google Play Store.
  • Kedua, setelah browser pilihan sudah di-install di ponsel, pengguna hanya perlu buka menu pengaturan atau "Settings".
  • Setelah itu, klik "Apps" > "Manage Apps" > klik titik tiga vertikal > "Default apps"
  • Terakhir, klik "Browser" > pilih browser favorit pengguna (Chrome, Opera, Firefox, atau lainnya)

Dengan begitu, Mi Browser sudah lagi tak menjadi browser bawaan. Selanjutnya, pengguna bisa membuka setiap tautan melalui browser favoritnya.

Baca juga: Konfigurasi Sama, Ini Bedanya Kamera Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.