Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kripto Shiba Inu Meroket, Pemilik Ketiban Untung

Kompas.com - 12/11/2021, 15:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mata uang kripto Shiba Inu atau Shiba Inu Coin akhir-akhir ini menarik perhatian. Pasalnya, harga jual koin Shiba Inu melonjak tajam dalam beberapa waktu belakangan.

Walhasil, para pemilik Shiba Inu Coin ikut ketiban untung. Salah satunya adalah seorang mantan manajer gudang di salah satu Supermarket di Amerika Serikat, yang disebutkan bernama "Rob".

Pria berusia 35 tahun itu mengaku jadi jutawan dadakan dalam kurun waktu enam bulan, mempertaruhkan 8.000 dollar AS atau sekitar Rp 113,9 juta untuk membeli koin Shiba Inu.

Baca juga: Apa Itu Shiba Inu Coin, Kripto yang Harganya Meroket Belakangan Ini

Investasi kripto berisiko tinggi karena fluktuasi harga yang bisa sangat ekstrim dalam waktu singkat.  Alih-alih untung, banyak investor yang justru malah buntung. Dalam kasus Rob, dia beruntung.

Merasa sudah kaya raya, Rob  punmemutuskan untuk pensiun sebagai penjaga gudang di usia yang masih terbilang muda.  Kepada Fortune, Rob bercerita bahwa dirinya tertarik berinvestasi ke Shiba Inu setelah membaca laporan resmi yang terdiri dari 28 halaman.

Rob lantas mulai berinvestasi sebesar 8.000 secara bertahap dan berharap modal tersebut akan berbuah manis. Mujur bagi Rob, nilai Shiba Inu yang diluncurkan bulan Agustus 2020  meroket pada bulan Mei lalu.

Modal yang ditanamkan pun berlipat ganda. Rob bercerita bahwa dirinya memeriksa rekening setiap jam untuk memastikan keuntungannya terus mengalir.

Baca juga: Apa Itu Shiba Inu Coin, Kripto yang Harganya Meroket Belakangan Ini

"Latar belakang saya bukanlah orang kaya. Saya bahkan tidak pernah membayangkan bisa memiliki uang sebanyak ini," ujar Rob, seperti dirangkum KompasTekno dari New York Post, Jumat (12/11/2021).

Nilai Shiba Inu Coin terus merangkak naik, membuat nilai simpanan Rob ikut meningkat hingga menembus lebih dari 1 juta dollar AS (Rp 14,2 miliar), menurut dokumen yang diperiksa oleh Fortune.

Seorang trader lain memiliki kisah serupa dengan Rob. Dirangkum dari The Sun, seorang trader Shiba Inu yang tidak diungkap identitasnya mengklaim memiliki kekayaan 2 juta dollar AS (sekitar Rp 28 juta) setelah berinvestasi ke mata uang kripto berlogo anjing itu.

Uang tersebut lantas ditukar dalam bentuk tunai dan digunakan untuk membeli rumah. Seorang trader lain juga dilaporkan mendadak jadi miliuner setelah berinvestasi sebesar 7.850 dollar AS (sekitar Rp 111 juta).

Baca juga: MUI Tetapkan Kripto Haram Jadi Mata Uang untuk Jual Beli

Ada pula seorang trader yang disebut membeli 70 miliar koin Shiba Inu, mendadak kaya setelah nilai koin tersebut meroket dalam sehari. Kekayaanya tembus 5,4 juta dollar AS (sekitar Rp 76,9 miliar) dalam kurun waktu 14 bulan.

Harga jual Shiba Inu atau SHIB hingga saat ini terus hijau, mengindikasikan angkanya masih terus merangkak naik. Dihimpun dari Coin Geko, Shiba Inu menduduki posisi ke-11 dalam hal kapitalisasi pasar cryptocurrency, pada Jumat (12/11/2021).

Saat berita ini ditulis, nilai tukar Shiba Inu terhadap dollar mencapai 0.00005443 dollar AS dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar 29,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 424,4 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com