Beda Fast Charging dan Quick Charging, Bisakah Merusak Baterai?

Kompas.com - 15/11/2021, 11:03 WIB
Super fast charging Galaxy Note 10, bisa diisi 100 persen dalam 30 menit. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiSuper fast charging Galaxy Note 10, bisa diisi 100 persen dalam 30 menit.

KOMPAS.com - Hampir kebanyakan charger smartphone kelas menengah dan atas (flagship) telah didukung oleh fitur pengisian daya yang cepat.

Hal ini ditandai dengan keterangan fast charging yang tertera pada kotak kemasan ponsel. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga pernah mendengar istilah quick charging.

Meski terdengar sama, namun kedua istilah tersebut sebenarnya dua hal yang berbeda. Lantas, apa beda fast charging dan quick charging?

Untuk mengetahui apa beda fast charging dan quick charging, ada baiknya untuk menyimak penjelasan berikut.

Apa arti Fast Charging

Fast charging merupakan fitur pengisian daya baterai secara cepat yang umumnya dihantarkan melalui kabel (wired).

Baca juga: Teknologi Fast Charging Ponsel Bisa Bunuh Powerbank?

Serupa dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai dalam waktu yang cukup singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fast charging umumnya ditemukan pada charger yang mendukung kabel berjenis USB Type-C. Untuk dapat bisa dikategorikan sebagai fast charging, sebuah charger harus memiliki daya hantar listrik sebesar 15 Watt.

Daya hantar ini diformulasikan dari kombinasi satuan Ampere (A) dan Volt (V). Singkatnya, pengisian daya pada 3 Ampere/5 Volt dapat menghantarkan daya hingga 15 Watt.

Apa arti Quick Charging

Sementara itu, quick charge adalah sebuah trademark yang diberikan perusahaan Qualcomm pada produk smartphone bikinannya.

Trademark ini umumnya disematkan pada produk charger yang kompatibel dengan chipset smartphone yang juga diluncurkan oleh Qualcomm.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.