Apple Siapkan Tombol Khusus Macro untuk Kamera iPhone 13 Pro

Kompas.com - 15/11/2021, 13:09 WIB
Ilustrasi iOS 15.2. MacrumorsIlustrasi iOS 15.2.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kamera ultra wide di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki kemampuan macro untuk memotret obyek dari jarak sangat dekat. Mode macro akan otomatis diaktifkan berdasarkan deteksi jarak obyek.

Kadang kala mode macro ini aktif di saat yang tidak diinginkan. Pengguna hanya bisa mematikannya alias beralih ke mode pemotretan normal dengan membuka Settings untuk mematikan mode macro.

Untuk mengatasi kerepotan tersebut, Apple kabarnya bakal menambahkan tombol alias toggle khusus macro di aplikasi kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, sehingga pengguna bisa mengaktifkan atau mematikan mode macro dengan lebih praktis.

Baca juga: iPhone 13 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Rp 13 Juta hingga Rp 31 Juta

Keberadaan fitur tersebut diketahui lewat versi beta kedua dari iOS 15.2 yang disalurkan ke developer aplikasi, Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Macrumors, Senin (15/11/2021).

Aaron Zollo dari kanal YouTube zollotech mengungkapkan, di versi sistem operasi ini, aplikasi kamera iPhone 13 Pro akan menampilkantombol macro dengan ikon bergambar bunga di sisi bawah layar. Fungsinya tak lain untuk menyalakan dan mematikan mode macro.

Ilustrasi ikon fitur macro di tampilan kamera iOS 15.2.Twitter.com/DylanMcD8 Ilustrasi ikon fitur macro di tampilan kamera iOS 15.2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Begitu Anda mendekati obyek, ikon bunga ini akan muncul. Lalu Anda bisa mematikan macro atau mengaktifkannya agar bisa memotret dari jarak sangat dekat," ujar Zollo dalam video demonstrasi fitur iOS 15.2 yang diunggahnya ke YouTube.

Dengan toggle tersebut, mode macro juga bisa dikunci agar terus aktif, sehingga kamera ponsel tak bolak-balik berganti dari mode macro ke mode normal dan sebaliknya.

Baca juga: Ini Model iPhone 13 Paling Diminati di Indonesia, Sampai Ludes di Pre-order iBox

Selain ikon macro di aplikasi kamera, iOS 15.2 juga dibekali dengan sejumlah peningkatan fitur lainnya seperti Legacy Contacts, pemindaian perangkat hilang via Find My, dan pembaruan Communcation Safety.

Ada juga fitur baru seperti App Privacy Report, peningkatan dari fitur Emergency SOS, dan tampilan Notification Summary yang dirombak.

Saat ini, iOS 15.2 sendiri masih dalam tahap beta dan tengah diuji coba oleh para pengembang. Belum diketahui kapan update iOS versi ini bakal bisa dijajal pengguna iPhone secara luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.