Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meluncur, Ini Sejumlah Tes yang Dijalani Oppo A95

Kompas.com - 15/11/2021, 19:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang acara peluncuran, Oppo memamerkan ponsel Oppo A95 dalam sesi terbatas.

Pada kesempatan ini, Oppo Indonesia membeberkan serangkaian fitur yang akan dibawa oleh Oppo A95, salah satunya dari segi ketahanan bodi smartphone.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan bahwa Oppo A95 telah melewati beragam pengujian kualitas, terutama dari segi material dan komponen yang digunakan.

Menurut Aryo, rangkaian pengujian ini diperlukan agar Oppo A95 bisa bertahan dalam penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Blind Pre-order Oppo A95 Resmi Dibuka di Indonesia

"Banyak smartphone yang beredar di pasaran saat ini, namun tidak banyak yangg berani untuk memberikan performa tertinggi dalam perakitannya," kata Aryo di acara Oppo A95 Performance Day di Jakarta, Senin (15/11/2021).

"Jadi Oppo A95 selain memberikan sertifikasi IPX4, kita juga memiliki banyak tes ketahanan yang akan mensimulasikan pemakaian sehari-hari," lanjut Aryo.

Aryo turut mengungkap jajaran tes yang dilakukan pada Oppo A95. Beberapa di antaranya termasuk tes radiasi UV, keamanan pengisian daya, dan juga uji ketahanan masa pakai.

Pada tahap tes radiasi, sebagian bodi Oppo A95 akan diterangi oleh sinar UV selama 96 jam, sementara bagian lainnya tidak ikut dipaparkan.

Hasilnya, tidak ada perubahan fisik antara bagian bodi yang diterangi oleh sinar UV, dengan bagian lain yang terlindungi. Menurut Aryo, tes ini dilakukan untuk membuktikan bahwa Oppo A95 memiliki daya tahan atau daya pakai yang cukup lama.

Sementara itu, Oppo juga melakukan tes keamanan pengisian daya untuk mengukur suhu smartphone selama sedang dalam kondisi charging.

Baca juga: Menengok Fitur Videografi di Oppo A95

Pengujian ini membuktikan bahwa Oppo A95 telah mendukung fitur pengisian daya dingin (cool charging) yang diklaim mampu menjaga suhu adapter dan smartphone dari suhu panas yang berlebihan.

"Ketika melakukan pengisian daya dalam waktu yang cukup lama, keduanya tidak akan menimbulkan panas yang berlebihan," lanjut Aryo.

Aryo juga menjelaskan bahwa Oppo A95 telah melewati 150.000 kali uji tekan tombol Volume yang diklaim mampu digunakan hingga 8,2 tahun lamanya.

Beberapa uji coba ekstrem lain yang juga telah lolos dijalani pada Oppo A95 termasuk uji jatuh perangkat dari ketinggian 10 cm selama 28.000 kali, dan pengujian 14 hari di bawah suhu tinggi 65 derajat Celcius, dan kelembapan 90 persen RH.

Ada pula uji coba tes plug-in dan plug-out pada jack earphone 3,5 mm yang dilakukan sebanyak 10.000 kali, dan tes tekan untuk tombol Power On/Off sebanyak 500.000 kali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com