Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Diserbu Netizen Indonesia

Kompas.com - 16/11/2021, 09:46 WIB
Salah satu koleksi sepatu Adidas yang terinspirasi dari budaya Wayang Kulit. AdidasSalah satu koleksi sepatu Adidas yang terinspirasi dari budaya Wayang Kulit.

KOMPAS.com - Akun resmi Adidas Singapura dengan handle @adidassg, menuai kecaman dari warganet Indonesia. Penyebabnya, Adidas menyebut wayang kulit berasal dari Malaysia

Permasalahan bermula dari cuplikan video trailer yang diunggah akun @adidassg. Adapun video tersebut memuat konten untuk mempromosikan koleksi sepatu terbaru dari Adidas, yakni Ultraboost City Pack.

Terdapat enam video trailer yang diunggah oleh akun resmi Adidas asal Singapura tersebut.

Masing-masing dari video menampilkan koleksi sepatu yang terinspirasi dari enam negara asal Asia Tenggara, yang terdiri dari Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Salah satu video menunjukkan sebuah sebuah cuplikan pagelaran wayang kulit beserta koleksi sepatu putih yang dihiasi dengan gambar wayang.

Baca juga: Netizen Ramai-ramai Kenang Orang Tersayang lewat Aplikasi MyHeritage

"Rayakan warisan budaya Malaysia melalui sudut pandang JAEMYC di #UltraBoost DNA City Pack kami berikutnya," tulis akun Instagram @adidassg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Desain ini memberi penghormatan untuk Wayang Kulit, bagian signifikan dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan meleburkan elemen-elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam sebuah pendekatan 'lawas-ketemu-baru' dalam UltraBoost DNA," tulis akun @adidassg.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh adidas Singapore (@adidassg)

 

Alhasil, netizen asal Indonesia pun "menyerbu" akun tersebut. Hingga berita ini ditulis ada lebih dari 21 ribu komentar pada unggahan tersebut, dengan mayoritas komentar berisi protes.

"Wayang kulit bukan dari Malaysia, tapi dari Indonesia," tulis salah seorang netizen.

"Jelas-jelas yang dipakai di iklan adalah wayang kulit dari Indonesia," tulis netizen lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.