Sarung Tangan Canggih Mark Zuckerberg Bisa "Sentuh" Objek Virtual

Kompas.com - 17/11/2021, 12:05 WIB
Meta Reality Labs Meta Reality Labs via The VergeMeta Reality Labs

KOMPAS.com - Facebook yang kini berubah nama menjadi Meta semakin berambisi untuk meleburkan batas dunia nyata dan dunia virtual yang kerap diistilahkan dengan "metaverse".

Terbukti, saat ini Meta sedang mengembangkan sebuah sarung tangan canggih dengan teknologi haptic.

Haptic sendiri adalah teknologi yang mengaplikasikan sensasi sentuhan ke dalam interaksi manusia dengan komputer. Dengan haptic, sarung tangan canggih ini memungkinkan penggunanya seakan benar-benar menyentuh obyek virtual.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, memamerkan purwarupa (prototype) sarung tangan canggih tersebut lewat akun Instagram pribadinya.

"Tim Reality Lab Meta sedang mengembangkan sarung tangan haptic untuk membuat sensasi realistis terhadap sentuhan di metaverse. Suatu saat, Anda akan bisa merasakan tekstur dan tekanan ketika menyentuh obyek virtual," tulis Zuckerberg.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Menurut laporan The Verge, sarung tangan haptic telah dikembangkan sejak tujuh tahun lalu dan disebut menjadi salah satu proyek ambisius Facebook (Meta). Teknologi ini dikembangkan setelah Facebook mengakuisisi Oculus VR tahun 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Facebook Beli Oculus Virtual Reality Rp 22 Triliun

Purwarupa sarung tangan haptic ini memiliki sekitar 15 bantalan plastik yang bergerigi dan bisa ditiup, atau dikenal dengan istilah aktuator.

Bantalan itu diatur sedemikian rupa agar pas di sepanjang telapak tangan, bagian bawah jari, dan ujung jari.

Sarung tangan ini juga akan berguna sebagai pengontrol virtual reality (VR). Di bagian punggung tangan terdapat sebuah tanda berwarna putih yang memungkinkan kamera melacak gerakan jemari.

Kemudian, ada pula sensor internal yang menangkap gerakan jemari penggunanya ketika menekuk.

Ketika seseorang menggunakan sarung tangan canggih ini dalam VR dan AR (augmented reality), sistem akan mengatur level tekanan, lalu akan membuat tekanan yang berbeda di setiap bagian tangan.

Jika pengguna menyentuh obyek virtual dengan ujung jari, akan muncul sensasi seakan obyek tersebut menyentuh permukaan kulit.

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.