Lolos TKDN, Samsung Galaxy S21 FE Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 17/11/2021, 13:24 WIB
Bocoran tampang Samsung Galaxy S21 FE. PhoneArenaBocoran tampang Samsung Galaxy S21 FE.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S21 FE tampaknya akan segera masuk ke pasar Indonesia. Tanda-tanda kehadiran ponsel ini muncul di halaman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian.

Di halaman tersebut, sebuah perangkat ponsel dari PT Samsung Electronics Indonesia diketahui telah mengantongi sertifikat lolos uji TKDN dengan angka 35,50 persen. Sertifikasinya diterbitkan pada 11 November 2021.

Baca juga: Bocoran Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE

Dari pantauan KompasTekno, Rabu (17/11/2021), perangkat yang tercantum di dalam sertifikat bernomor 10949/SJ-IND.8/TKDN/11/2021 itu memiliki nomor model "SAMSUNG SM-G990E".

Sertifikasi Samsung Galaxy S21 FE yang terdaftar di laman TKDN KemenperinTKDN Kemenperin Sertifikasi Samsung Galaxy S21 FE yang terdaftar di laman TKDN Kemenperin

Informasi yang beredar di internet menyebutkan bahwa SM-G990E adalah kode nama untuk Samsung Galaxy S21 FE. Kode nama tersebut juga sempat muncul di halaman benchmark Geekbench beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sertifikat TKDN, perangkat 4G yang beredar di Indonesia juga harus memiliki sertifikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE Muncul di Geekbench dengan Exynos 2100, Berapa Skornya?

Namun, dari pengamatan KompasTekno di situs resmi Dirjen SDPPI, sertifikat untuk Samsung Galaxy S21 FE belum muncul. Kemungkinan perangkat tersebut sedang menjalani pengujian.

Samsung sendiri memang dikabarkan bakal memperkenalkan Galaxy S21 FE secara resmi pada Januari 2022 mendatang dalam ajang pameran produk teknologi teranyar Consumer Electronics Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kendati demikian, belum dapat dikonfirmasi kapan ponsel ini akan benar-benar diperkenalkan secara resmi. Samsung pun masih belum mengumumkan rencana kehadiran Galaxy S21 FE di Tanah Air.

Bocoran spesifikasi Galaxy S21 FE

Render Samsung Galaxy S21 FESteve Hemmerstoffer Render Samsung Galaxy S21 FE

Menurut rumor yang beredar, Galaxy S21 FE kabarnya akan mengusung layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.340 x 1.080 piksel) dan dukungan refresh rate 120 Hz. Konon, pada bagian atasnya terdapat punch-hole yang memuat kamera selfie beresolusi 32 MP.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.