Kompas.com - 17/11/2021, 14:25 WIB
ilustrasi Live Streaming Instagram Later.comilustrasi Live Streaming Instagram

KOMPAS.com - Instagram tengah menyiapkan fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, media sosial di bawah naungan Meta tersebut kedapatan menguji coba fitur moderator untuk siaran live.

Tanda-tanda kehadiran fitur tersebut pertama kali diungkap oleh seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi.

Lewat unggahan di akun Twitter-nya (@alex193a), Paluzzi membagikan tangkapan layar yang mengungkap adanya opsi "Add a Moderator" di menu pengaturan Live Instagram.

Dari tangkapan layar yang diunggah, pengguna yang berperan sebagai moderator nantinya akan memiliki kendali untuk mematikan beberapa opsi seperti komentar di kolom live chat, izin untuk bergabung, mengajukan pertanyaan, dll.

Baca juga: Instagram Tawarkan Bonus Ratusan Juta untuk Kreator Reels

Selama ini, peran "moderator" sendiri hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang membuat sesi live tersebut. Sehingga, hal ini bisa cukup merepotkan jika dilakukan sendiri oleh pembuat sesi live.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Paluzzi, dengan fitur ini pengguna yang memulai sesi live akan dapat menambahkan satu orang moderator untuk membantu saat live berlangsung sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Rabu (17/11/2021).

Tombol "Like" untuk Stories

Di samping itu, Instagram juga disebut tengah mengembangkan fitur baru lainnya yaitu fitur yang memungkinkan pengguna dapat memberikan "Like" pada unggahan Stories.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan, tombol "Like" akan terlihat di deretan daftar penonton Instagram Stories, tepatnya di samping foto profil. Konon, fitur ini sudah mulai diuji coba sejak Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Instagram Reels Dapat Fitur Voice Effects, Begini Cara Menggunakannya

Karena masih dalam tahap uji coba, besar kemungkinan bahwa Instagram masih akan melakukan penyesuaian, sebelum membawa dua fitur baru ini ke versi final. Instagram juga belum memastikan kapan kedua fitur tersebut akan diluncurkan secara resmi kepada publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.