Twitter Hapus Fitur yang Mengganggu Pengguna saat Baca Twit

Kompas.com - 17/11/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi Twitter techradar.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami sebuah momen saat membaca twit menarik di Twitter versi web, timeline atau lini masa malah me-refresh secara otomatis dan "menenggelamkan" twit yang tengah dibaca?

Jika pernah, maka Anda patut bergembira karena Twitter kini menghilangkan fitur yang "mengganggu" tersebut.

Fitur tersebut tak lain adalah auto-refresh atau refresh otomatis yang sudah ada di Twitter web sejak beberapa tahun lalu.

Bagi sebagian orang, momen ketika kehilangan twit yang tengah dibaca gara-gara timeline me-refresh otomatis memang tidak menyenangkan.

Apalagi ketika membaca twit menarik, maka twit tersebut akan "hilang" setelah timeline diperbarui. Sehingga, pengguna harus menelusuri lagi twit yang "hilang" tadi.

Tampaknya, Twitter menyadari bahwa fitur refresh linimasa otomatis tersebut menuai banyak keluhan. Platform mikroblogging itu akhirnya menghentikan fitur refresh linimasa otomatis yang ada di Twitter versi web.

Pengaturan refresh timeline kembali seperti sedia kala, yakni secara manual seperti yang ada di versi mobile baik di platform Android maupun iOS saat ini. Perubahan ini diumumkan Twitter lewat akun resmi dengan handle @TwitterSupport.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Foto di Twitter Desktop Kini Tidak Terpotong

Dalam sebuah utas (thread), dijelaskan bahwa sebelumnya linimasa akan me-refresh secara otomatis setiap kali ada percakapan baru dari akun yang diikuti di Twitter.

Hal itulah yang kadang membuat pengguna terganggu saat membaca twit panjang yang menarik. Twit yang sedang dibaca terkadang hilang karena timeline yang me-refresh secara otomatis.

"Sekarang Anda dapat memilih kapan Anda ingin Tweet baru dimuat ke timeline Anda," tulis Twitter.

Pihak Twitter mengatakan, jika ingin me-refresh linimasa untuk melihat twit terbaru di tengah-tengah scrolling, cukup mengetuk balon pop up notifikasi twit baru yang muncul di sisi atas, seperti pada gambar di bawah ini.

Unttuk menyegarkan linimasa, pengguna cukup meng-klik balon pop-up notifikasi di sisi atas layar yang ditandai dengan bingkai merah pada gambar di atas.Twitter Unttuk menyegarkan linimasa, pengguna cukup meng-klik balon pop-up notifikasi di sisi atas layar yang ditandai dengan bingkai merah pada gambar di atas.
Jika tidak muncul, pengguna harus menggulir linimasa ke atas secara manual lalu klik bar notifikasi twit baru untuk menyegarkan linimasa. Dari pantauan KompasTekno, perubahan ini sudah bergulir di Indonesia.

Baca juga: Kebijakan Baru Twitter, Semua Pengguna Kini Bisa Bikin Spaces

Ini bukan kali pertama Twitter menarik fitur yang sudah dirilis. Sebelumnya, Twitter juga telah menarik fitur Fleet, fitur yang mirip dengan Instagram Story.

Salah satu alasannya adalah karena menurut Twitter, Fleets kurang menarik bagi penggunanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (17/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.