Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Huawei, Leica Rancang Kamera di Xiaomi 12 Ultra?

Kompas.com - 18/11/2021, 06:42 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber PocketNow

KOMPAS.com - Sejumlah vendor smartphone bekerja sama dengan perusahaan kamera ternama untuk meningkatkan kualitas kamera di produknya, seperti One Plus dan Hasselblad, lalu Nokia, Sony, dan Vivo yang menggandeng Carl Zeiss.

Kini, Xiaomi nampaknya bakal mengikuti tren tersebut dengan menggandeng perusahaan kamera kenamaan asal Jerman, Leica untuk perangkat flagship teranyarnya nanti, yang konon bernama Xiaomi 12 Ultra.

Kabar tersebut diungkap oleh akun pembocor gadget asal China, Digital Chat Station, melalui media sosial Weibo. Menurut Digital Chat Station, Leica kabarnya telah mencapai kesepakatan dengan Xiaomi untuk mengadopsi teknologi kamera terbaru di lini Xiaomi 12 Ultra.

Baca juga: Bocoran Layar Xiaomi 12, Bezel Tipis dan Melengkung?

Jika benar terwujud, nantinya logo Leica akan terpatri di modul kamera belakang Xiaomi 12 Ultra. Teknologi kamera Leica biasanya ditemukan di ponsel-ponsel Huawei yang memang sudah lama bekerja sama dengan pabrikan kamera tersebut.

Namun, kemitraan antara Huawei dan Leica dikabarkan bakal berakhir tahun ini. Kalau memang begitu adanya, maka ada kemungkinan Xiaomi 12 Ultra memang akan menjadi produk pertama dari kemitraan Leica dan Xiaomi setelah Huawei.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa Xiaomi 12 Ultra akan diperkenalkan pada kuartal pertama 2022 mendatang, alias setelah versi "reguler" meluncur.

Baca juga: Huawei Dikabarkan Putus Hubungan dengan Leica, Benarkah?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Now, Kamis (18/11/2021), lini ponsel Xiaomi 12 juga disebut akan menjadi smartphone pertama yang ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 898 yang baru akan diumumkan pada Desember mendatang. 

Untuk aspek fotografi, Xiaomi 12 versi "reguler" kabarnya akan dibekali dengan tiga buah kamera belakang. Kamera utamanya konon beresolusi 50 MP.

Kendati demikian, belum ada informasi apakah semua jajaran Xiaomi 12 nantinya juga akan mengadopsi teknologi kamera Leica atau hanya varian "Ultra" saja.

Terkait hal tersebut, Xiaomi sendiri belum buka suara soal kehadiran lini Xiaomi 12, begitu pun Leica yang juga belum mengonfirmasi kerja sama dengan pabrikan asal China tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PocketNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com