Aplikasi WhatsApp Beta untuk PC Windows Sudah Bisa Di-download

Kompas.com - 18/11/2021, 07:10 WIB
Tampilan WhatsApp desktop khusus untuk pengguna Windows, hadir dalam versi beta. Microsoft Store/ WhatsAppTampilan WhatsApp desktop khusus untuk pengguna Windows, hadir dalam versi beta.

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna PC berbasis Windows dan macOS hanya bisa mengunduh aplikasi WhatsApp desktop yang memiliki fitur dan antarmuka (UI) yang sama persis dengan WhatsApp web.

Namun, itu semua bakal berubah. Sebab, WhatsApp tengah menyiapkan aplikasi WhatsApp desktop mandiri untuk pengguna komputer Windows dan macOS.

Kabar terbaru, aplikasi WhatsApp desktop khusus untuk pengguna PC Windows sudah diluncurkan dalam versi beta (uji coba), dan dapat di-install secara langsung melalui toko aplikasi Microsoft Store atau melalui tautan berikut.

Baca juga: WhatsApp Web Vs WhatsApp Desktop, Perbedaan dan Cara Menggunakannya

Pantauan KompasTekno, WhatsApp Beta untuk PC Windows ini baru bisa berjalan di sistem operasi Windows 10 versi 14316.0 atau yang lebih tinggi. Lantas apa yang membedakan WhatsApp desktop lama dan versi beta yang baru?

WhatsApp desktop versi beta untuk Windows kali ini berbasis teknologi Universal Windows Platform (UWP) yang tampaknya dibangun dari awal.

UWP sendiri adalah teknologi Microsoft yang memungkinkan para pengembang aplikasi membuat aplikasi yang bisa dipakai di perangkat yang berbeda-beda, seperti smartphone, laptop/PC, dan tablet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

UWP memungkinkan pengembang hanya perlu menuliskan satu kode program untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di perangkat yang berbeda, tidak lagi harus menuliskan tiga kode program untuk masing-masing versi aplikasi.

Kelebihan

WhatsApp desktop UWP ini juga memiliki antarmuka (UI) baru dan sejumlah fitur yang absen di WhatsApp desktop versi lama.

Dari segi desain, WhatsApp desktop UWP versi beta menampilkan antarmuka yang lebih didominasi dengan warna abu-abu dan putih.

Baca juga: 4 Fitur Baru WhatsApp di 2021 dan Cara Menggunakannya

Ini berbeda dengan WhatsApp desktop sebelumnya yang mengadopsi desain yang sama persis dengan WhatsApp mobile dan web, yakni menggunakan kombinasi warna hijau dan abu-abu khas WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.