Kompas.com - 18/11/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi Fortnite. EpicGamesIlustrasi Fortnite.

KOMPAS.com - Setelah hampir tiga tahun melakukan serangkaian tes dan pengujian, Fortnite akhirnya resmi hengkang dari China. Epic Games selaku pengembang sudah memberitahukan kabar penutupan game battle royale ini kepada pemain asal China sejak akhir Oktober lalu.

Melalui laman resmi Fortnite China, Epic Games mengumumkan bakal menghentikan proses pendaftaran pemain baru dan menutup akses unduhan aplikasi mulai 1 November 2021.

Langkah tersebut kemudian disusul dengan penutupan server Fortnite di China mulai 15 November lalu. Dengan kata lain, mulai tanggal tersebut, Fortnite tidak bisa lagi dimainkan di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: 5 Game Battle Royale Selain PUBG Mobile dan Fortnite

Di luar beta test selama tiga tahun sejak 2018 tersebut, Game Fortnite sendiri sebenarnya tak pernah benar-benar diluncurkan di China karena tak kunjung mendapat persetujuan pemerintah yang diperlukan untuk merilis sebuah game.

Proses untuk memperoleh approval pemerintah tersebut dari tahun ke tahun semakin sulit. Terlebih, pemerintah China belakangan makin memperketat regulasi untuk game online.

Itulah yang disinyalir menjadi penyebab Fortnite hengkang, meskipun Epic Games tidak mengungkapkan alasan pastinya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (18/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: China Larang Anak di Bawah 16 Tahun Bikin Konten Live Streaming

Sebelumnya, pemerintah China telah menerbitkan sejumlah aturan untuk membatasi kegiatan warga muda bermain game online dan media sosial.

Pada Agustus lalu misalnya, mulai berlaku peraturan remaja di bawah umur 18 tahun hanya diperbolehkan untuk bermain game selama satu jam per hari, yakni pada pukul 20.00-21.00 saja. Itupun dibatasi hanya boleh di hari Jumat, Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.