Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru Pembatalan Pesanan di Tokopedia

Kompas.com - 19/11/2021, 12:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur bebas ongkos kirim (ongkir) menjadi salah satu daya tarik e-commerce. Sebab, fitur tersebut cukup meringankan biaya pengiriman, apalagi jika jaraknya cukup jauh.

Akan tetapi, ada kalanya pembeli terpaksa harus membatalkan pemesanan, meskipun barang sudah diproses dan dikirim oleh penjual. Misalnya saja karena alamat yang ditulis salah atau barang yang dipesan ternyata tidak sesuai.

Baru-baru ini, Tokopedia mengumumkan perubahan terkait layanan bebas ongkos kirim (ongkir). Perubahan khususnya berlaku untuk proses pembatalan pemesanan.

Baca juga: Banyak Menuai Masalah, Seberapa Siap Masyarakat dengan Sistem COD?

Melansir dari situs resmi Tokopedia, diumumkan bahwa apabila pembeli melakukan pembatalan pesanan dan/atau melakukan refund (pengembalian dana) atas barang setelah pengiriman sudah dilakukan, maka biaya pengiriman barang akan dianggap hangus.

Selain itu, pembeli juga wajib bertanggung jawab atas subsidi ongkos kirim yang sudah diberikan. Aturan ini akan berlaku mulai 25 November 2021.

Sebelum aturan itu berlaku, pemberlakuan fitur bebas ongkir untuk pesan yang dibatalkan agak berbeda.

Menurut informasi yang diberikan akun Twitter @TokopediaCare, jika pesanan dibuat dan terjadi pembatalan di minggu yang sama, maka kuota bebas ongkir akan dikembalikan dan bisa digunakan untuk pesanan selanjutnya.

Baca juga: Tokopedia Jawab Kritikan Megawati soal Produk Asing

Namun jika pesanan dibuat dan terjadi pembatalan di pekan yang berbeda, maka kuota bebas ongkir akan dianggap hangus.

Pembatalan pesanan di Tokopedia

Pembatalan pemesanan setelah barang masuk proses pengiriman mungkin saja bisa terjadi.
Pembeli bisa mengajukan pembatalan dengan persetujuan dari penjual. Permintaan pembatalan ini bisa dilakukan minimal tiga jam setelah pembayaran terverfikasi.

Jika disetujui, dana akan dikembalikan ke saldo refund/GoPay/limit kartu kredit, sesuai metode pembayaran yang dipilih sebelumnya. Dana refund tersebut bisa digunakan kembali untuk melakukan transaski slenjutnya di Tokopedia.

Baca juga: Gagal Aktifkan Gopay dan GoPayLater di Tokopedia, Lakukan Cara Ini

Waktu pengembalian dana berbeda-beda tergantung metode bayar dan refund. Misalnya, pembayaran dengan transfer bank akan dikembalikan secara real-time, sebagaimana dengan metode pembayaran dengan Tokopoints, atau Kredivo.

Namun untuk kartu kredit dan debit online, disebutkan bahwa waktu refund bisa memakan waktu hingga 14 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur). Selengkapnya bisa disimak di tautan berikut.

Apabila pesan dibatalkan, dana akan dikembalikan secara penuh. Namun, jika pembelian penggunakan promo atau voucher promo atau potongan harga lainnya, maka dana yang dikembalikan dikurangi dengan diskon yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com