Oppo A95 Versi Indonesia Dilengkapi NFC, Beda dari Malaysia

Kompas.com - 19/11/2021, 15:59 WIB
Oppo A95 hadir di Indonesia dalam pilihan warna Glowing Rainbow Silver (kiri) dan Glowing Starry Black (kanan). Oppo IndonesiaOppo A95 hadir di Indonesia dalam pilihan warna Glowing Rainbow Silver (kiri) dan Glowing Starry Black (kanan).

KOMPAS.com - Oppo baru saja meluncurkan smartphone A-series terbarunya, yaitu Oppo A95 di Indonesia pada Kamis (18/11/2021). Sebelum dirilis di Tanah Air, smartphone Oppo A95 lebih dulu hadir di Malaysia.

Secara umum, spesifikasi Oppo A95 yang dipasarkan di Indonesia dan Malaysia terbilang sama. Namun, ada satu fitur istimewa yang ditambahkan pada Oppo A95 yang dijual di dalam negeri, yaitu Near Field Communication atau NFC.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengungkapkan, penambahan fitur NFC pada Oppo A95 yang dipasarkan di Tanah Air itu telah disesuaikan dengan permintaan pasar di dalam negeri.

Baca juga: Oppo A95 Resmi Meluncur di Indonesia

Aryo menjelaskan, pada dasarnya, spesifikasi dari masing-masing ponsel Oppo itu adalah kewenangan dari tiap-tiap wilayah atau negara untuk mengubah dan menambahkan fitur-fitur ke ponsel yang ingin dipasarkan.

Jadi, Oppo Indonesia sendiri memilih menambahkan fitur NFC pada Oppo A95, berbeda dengan Oppo A95 versi Malaysia.

"Kenapa harus diubah? Karena itu harus disesuaikan dengan tuntutan dari konsumen di sini (Indonesia) atau target market konsumen di sini ," kata Aryo saat dihubungi KompasTekno, Jumat (19/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa Itu NFC pada Smartphone dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ia membenarkan, bahwa target market Oppo A95 di Indonesia menuntut adanya fitur NFC.

"Ribut-ribut permintaan netizen itu juga kadang-kadang menjadi perhatian (Oppo). Mereka minta NFC dan lain-lainya, makanya Oppo A95 dilengkapi dengan NFC," kata Aryo.

Tren cashless

Bertransaksi menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.Dok. Oppo Indonesia Bertransaksi menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.
NFC alias Near Field Communication sendiri adalah salah satu fitur yang memungkinkan komunikasi pertukaran data dari jarak dekat.

Menurut Aryo, salah satu hal yang menjadi pertimbangan penambahan fitur NFC ke Oppo A95 versi Indonesia tak luput dari tren pembayaran cashless (non-tunai) yang semakin menanjak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.