Kompas.com - 19/11/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

KOMPAS.com - Layanan financial technology atau teknologi finansial (tekfin) semakin berkembang di Indonesia.

Menurut Ketua Dewan Pengawas Asoasi Fintech Indonesia (AFTECH), Rudiantara, industri ini diprediksi masih akan tumbuh beberapa tahun mendatang. Akan tetapi, adopsi layanan tekfin saat ini belum merata di Tanah Air.

"Industri fintech akan tumbuh berkembang di tahun-tahun mendatang. Namun demikian, industri fintech juga menghadapi tantangan khususnya perluasan di daerah-daerah yang non-metropolitan. Masih terkonsentrasi di kota-kota besar," kata pria yang akrab disapa Chief RA itu.

 Baca juga: Industri Fintech di Indonesia Percepat Inklusi Keuangan

Menurut Dina Artarini, Kepala Departemen Sistem Pembayaran AFTECH & Chief of Legal & Compliance DANA, perluasan layanan fintech merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, pelaku industri, dan juga masyarakat.

Tantangan

Dina tidak membantah jika penetrasi sistem pembayaran elektronik di daerah, masih bisa ditingkatkan untuk lebih baik lagi. Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi tantangan.

"Salah satunya dengan infrastruktur dan juga kembali lagi literasi ke (anak) yang muda-muda ini," kata Dina dalam acara Workshop AFTECH "Fintech for Faster Economic Recovery" yang digelar secara daring, Jumat (19/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal senada juga dikatakan oleh Marcella Wijayanti, Head of G2P, Dept AFTECH sekaligus VP Public Sector payment LinkAja. Marcella mengatakan, perluasan penmbayaran fintech perlu didukung oleh semua pihak yang mendapatkan manfaat dari adopsi layanan.

Dari masyarakat, menurut Marcella, bisa menikmati kemudahan yang diberikan oleh layanan fintech. Kemudian dari pemerintah, fintech disebut bisa memberikan layanan publik yang lebih baik, sekaligus mendorong perekonomian daerah yang lebih cepat.

Selain itu, adopsi fintech juga bisa membantu bisnis kecil dan menengah ikut berkembang.

"Dari sisi fintech, kita sendiri bisa mendapatkan manfaat pengguna kita bertambah dan transaksi lebih banyak," ujarnya.

Baca juga: Menkominfo Jagokan Startup Fintech sebagai Unicorn Berikutnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.