Kreator Instagram Bisa Dapat Uang dari Live Streaming, Ini Syaratnya

Kompas.com - 20/11/2021, 08:04 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Kreator konten (content creator) Instagram kini dimungkinkan untuk mendapatkan uang saat melakukan siaran langsung atau live streaming di Instagram.

Hal tersebut dimungkinkan setelah Instagram resmi meluncurkan fitur memonetisasi saat melakukan Instagram Live (IG Live) bernama "Badges" baru-baru ini.

Pada peluncuran ini, fitur baru "Badges" baru tersedia untuk kreator Instagram yang berbasis di wilayah Amerika Serikat saja. Belum ada keterangan lebih lanjut kapan fitur monetisasi IG Live bakal hadir di wilayah lainnya, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Konten Instagram Stories Kini Bisa Di-Like, Begini Caranya

Sebelum resmi diluncurkan, fitur ini sempat diuji coba pada segelintir kreator konten Instagram di AS pada 2020 lalu.

Dukung dan beri tip ke conten creator

Tampilan fitur Badges yang memungkinkan creator content mendapatkan uang saat melakukan Instagram Live.Meta via The Verge Tampilan fitur Badges yang memungkinkan creator content mendapatkan uang saat melakukan Instagram Live.
Sebagaimana dihimpun dari laman Help Instagram, fitur Badges ini sebenarnya diluncurkan agar pengguna Instagram bisa mendukung kreator Instagram favoritnya, khususnya mendukung secara materiil.

Fitur Badges ini mirip dengan fitur Tip yang ada di Twitch dan YouTube. Di Instagram, fitur Badges diwakili dengan ikon "heart" alias hati. Nah, pengguna bisa membeli "Badges" dengan tiga level harga berbeda saat menonton IG Live dari kreator konten favoritnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Level 1 adalah Badges dengan 1 hati seharga 0,99 dollar AS sekitar Rp 14.000). Level 2, badges dengan 2 hati seharga 1,99 dollar (sekitar Rp 28.200). Level 3, badges dengan 3 hati seharga 4,99 dollar AS (sekitar Rp 70.800).

Baca juga: Instagram Punya 2 Fitur Baru, Goyang Ponsel dan Hapus Foto Carousel

Saat penonton IG Live membeli Badges, besaran nominal dari Badges yang dibeli itu akan masuk ke akun kreator Instagram. Instagram mengatakan tidak akan memotong pendapatan apa pun yang diterima oleh content creator dari penjualan Badges hingga tahun 2023.

Meski begitu, kreator tampaknya tak akan menerima 100 persen pendapatan dari penjualan Badges karena pendapatan itu masih harus dikurangi dengan pajak dan potongan biaya yang berlaku. Sebab, Instagram mencatat, Apple dan Google memotong 30 persen untuk setiap pembelian di dalam aplikasi (in-app purchase).

Kreator harus memenuhi syarat

Sebelum bisa mendapatkan uang dari fitur Badges di Instagram Live, kreator konten harus terlebih dulu memenuhi sejumlah syarat monetisasi di Instagram.

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.