Kompas.com - 20/11/2021, 17:07 WIB
Ilustrasi metaverse. Getty ImagesIlustrasi metaverse.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sejak mengganti namanya menjadi Meta, Facebook agaknya semakin memantapkan niatnya untuk membuat dunia virtual yang bisa dirasakan pengguna secara massal melalui internet, yang dijuluki sebagai "metaverse".

Kini, sejumlah perusahaan tampaknya tertarik dengan konsep dunia virtual yang ditawarkan Meta tersebut, salah satunya adalah Nike.

Dalam sebuah pengumuman, perusahaan pembuat perlengkapan olahraga tersebut resmi masuk ke dunia metaverse Meta melalui "Nikeland".

Dunia virtual Nikeland bisa diakses secara gratis melalui game simulasi populer Roblox.

Di dalamnya, pengguna bisa membuat sebuah karakter virtual (avatar) yang bisa dipercantik dengan beragam aksesori bermerek Nike.

Lewat Nikeland pula, pemain bisa menelusuri dunia virtual tersebut dan bisa memainkan sejumlah game yang ada di dalamnya. Di antaranya seperti game populer bernama "Tag", "The Floor Is Lava", hingga "Dodgeball". 

Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Nikeland di game Roblox.Gizmochina Ilustrasi Nikeland di game Roblox.

Selain menikmati game, para kreator konten di Roblox juga disebut bisa merancang game buatannya sendiri di dalam Nikeland.

Roblox sendiri tersedia di berbagai platform mencakup PC, Xbox One, Android, hingga iOS.

Khusus pengguna smartphone, pemain disebut bisa memanfaatkan sensor accelerometer untuk menyesuaikan pergerakan mereka di dunia nyata dengan pergerakan karakter di Nikeland.

Baca juga: Makna dan Asal-usul Logo Meta, Perusahaan Induk Baru Facebook

Dyson ikut masuk metaverse

Di samping Nike, pembuat produk rumah tangga (home appliances) kenamaan bermerek Dyson juga menjadi salah satu perusahaan pertama yang bergabung ke metaverse.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.