Kompas.com - 22/11/2021, 10:31 WIB
Ilustrasi Spotify Christian Hartmann / ReutersIlustrasi Spotify

KOMPAS.com - Platform musik alir (streaming music) asal Swedia, Spotify memutuskan untuk mengubah cara memutar lagu, setelah mendapat masukan dari artis/penyanyi Adele.

Mulai sekarang, Spotify menon-aktifkan tombol "shuffle" atau putar acak sebagai opsi default di album Spotify. Selama ini, tombol Shuffle menjadi tombol default di album lagu, membuat lagu-lagu di dalam album tersebut diputar secara acak.

Menurut Adele, lagu di album terbarunya, "30" adalah sebuah cerita dan harus didengar penggemar sesuai yang diinginkannya. Karena itu Adele meminta agar daftar lagu (playlist) di album "30" diputar berurutan di Spotify.

Baca juga: Diretas, Foto-foto Pribadi Adele Beredar di Facebook

"Kami membuat album dengan sangat hati-hati dan menyusun daftar lagu bukan tanpa alasan. Seni kita mengisahkan cerita, dan cerita kita harus didengar sebagaimana yang kita harapkan" ujar Adele dalam sebuah unggahan Twitter.

"Apapun untuk Adele," begitu balasan Twit dari Spotify.

Adele juga mengucapkan terima kasih kepada Spotify karena telah memenuhi permintaannya.

Dirangkum KompasTekno dari BBC, Senin (22/11/2021), "keistimewaan" itu tidak hanya didapatkan Adele.

Fitur baru ini memang baru saja diluncurkan Spotify bagi para artis, di mana mereka bisa mengatur bagaimana lagu-lagu di album mereka diputar secara default.

Misalnya, mereka bisa memilih cara seperti Adele, yakni menon-aktifkan tombol shuffle secara default atau sebaliknya.

Spotify mengatakan fitur tersebut sebenarnya sudah lama diminta para artis.

Baca juga: Fitur Lirik Lagu Real-Time Spotify Resmi Dirilis Secara Global

Perlu diingat, bahwa penon-aktifan tombol shuffle hanya ada di default system. Artinya, pendengar masih bisa memutar album artis favoritnya secara acak dengan mengaktifkan tombol itu secara manual.

"Seperti biasa, kami akan terus mengembangkan produk dan fitur kami untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi artis maupun penggemar," jelas Spotify.

Album terbaru Adele, "30" sudah tersedia di Spotify mulai 19 November lalu. Semetara itu, lagu "Easy on Me" yang menjadi single perdana album "30", menduduki urutan kedua di jajaran lagu teratas global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.