Kompas.com - 22/11/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi prototip ponsel lipat Apple. GizmochinaIlustrasi prototip ponsel lipat Apple.

KOMPAS.com - Ponsel dengan layar fleksibel yang dapat dilipat (foldable) kini tengah menjadi tren tersendiri di industri smartphone. Beberapa vendor ponsel seperti Samsung, Huawei, dan Motorola sudah merilis lini ponsel lipatnya masing-masing.

Apple pun tak mau ketinggalan. Sejak 2020, Apple dilaporkan telah mematenkan beberapa desain ponsel dengan layar yang bisa dilipat. Yang terbaru, Apple dilaporkan kembali mengantongi paten dari kantor paten AS (USPTO) pada 16 November 2021 ini.

Alih-alih smartphone, Apple mematenkan perangkat lipat yang mirip tablet iPad. Perangkat tersebut disebut dapat dilipat dengan skema seperti menutup buku.

Baca juga: Baca juga: Ponsel Lipat Melesat pada 2023, Samsung Diramal Jadi Penguasa

Mengacu paten Apple yang diajukan sejak Februari 2020 itu, desain perangkat lipat terbaru Apple ini terdiri dari dua layar utama yang terpisah, namun disatukan menggunakan engsel internal. Konsep ini disebut-sebut mirip dengan perangkat Microsoft Surface Neo.

Dalam keadaan terbentang, perangkat lipat mirip iPad itu dilaporkan menyediakan tiga mode penggunaan.

Gambar paten Apple yang berisi desain perangkat lipat seperti iPad dengan dua layar dengan total luas 8 inci.Patently Apple Gambar paten Apple yang berisi desain perangkat lipat seperti iPad dengan dua layar dengan total luas 8 inci.
Pertama adalah mode independen, yang mana pengguna bisa menggunakan dua layar itu untuk mengakses dua hal yang berbeda dalam satu waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, ada mode "joint operating mode". Mode ini memungkinkan pengguna menggunakan perangkat lipat ini seperti sebuah tablet.

Alhasil, gambar dan seluruh file yang dibuka saat joint operating mode akan ditampilkan dalam versi layar penuh (dua layar).

Baik, mode pertama atau kedua tersedia saat perangkat dalam keadaan terbentang, seperti pada gambar desain paten Apple yang dipublikasi oleh Patently Apple, berikut ini.

Menurut laporan situs Patently Apple sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (22/11/2021), desain perangkat lipat ini juga bisa digunakan dalam mode ketiga, yaitu seperti notebook (Fig. 4).

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Fold3: Ponsel Lipat Juara Multitasking

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.