Kompas.com - 22/11/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi chip MediaTek GSM InsiderIlustrasi chip MediaTek
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - MediaTek baru-baru ini memperkenalkan chipset terbarunya, Dimensity 9000, yang dibuat dengan fabrikasi 4nm.

Dimensity 9000 digadang-gadang bakal menjadi kompetitor kuat untuk chipset flagship generasi terbaru Qualcomm yang bakal hadir pada 2022 mendatang.

Dimensity 9000 diumumkan setelah Qualcomm dilanda isu terkait masalah panas berlebih alias overheat, di chipset terkuat mereka saat ini yakni Snapdragon 888 dan 888 Plus.

Sebagai informasi, Snapdragon 888 dan 888 Plus dibuat dengan fabrikasi 5nm. Sehingga, muncul kekhawatiran Dimensity 9000 yang dibangun dengan fabrikasi 4nm akan mengalami panas yang serupa.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan media teknologi Android Authority, VP & General Manager Marketing MediaTek, Finbarr Moynihan, yakin chipset termutakhir mereka ini tak akan dilanda masalah overheat.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Panas di Smartphone

Ia bahkan menyindir kompetitor dan mengatakan bahwa MediaTek Dimensity 9000 tidak akan mengalami kejadian overheat seperti yang dialami Snapdragon 888.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menurut saya semua orang sudah tahu bahwa chipset itu (Snapdragon 888 Series) tidak bisa memberikan performa terbaik. Kami sangat yakin (tidak overheat), dan sejauh ini kami sudah mendapatkan feedback yang positif dari pelanggan kami," jelas Finbarr.

"Ketika dibandingkan (dengan kompetitor), kami yakin chipset kami memiliki keunggulan di bidang konsumsi daya pada perangkat flagship di tahun depan," imbuh Finbarr.

Chipset 5G MediaTek Dimensity 9000 resmi, pakai fabrikasi 4nm.XDA Developers Chipset 5G MediaTek Dimensity 9000 resmi, pakai fabrikasi 4nm.
Director Global Public Relations MediaTek, Kevin Keating, juga mengatakan hal serupa. Menurut dia, MediaTek saat ini tidak dilanda dengan masalah overheat dalam produk atau komponen yang mereka buat.

"Hanya satu perusahaan yang saat ini memiliki masalah overheat (dalam produk buatannya), dan itu bukan kami," kata Kevin, dikutip KompasTekno dari AndroidAuthority, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 888

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.