Mediatek Rilis Chip Pentatonic 2000 untuk Smart TV, Dukung Video 8K 120Hz

Kompas.com - 23/11/2021, 08:29 WIB
Ilustrasi chip Mediatek. IstimewaIlustrasi chip Mediatek.

KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor MediaTek rupanya tidak ingin dikenal sebagai produsen chipset smartphone saja. Baru-baru ini, perusahaan asal Taiwan itu mengumumkan chipset baru yang dikhususkan untuk televisi di segmen flagship.

Chipset tersebut diberi nama Pentatonic 2000 yang diklaim sebagai chipset TV dengan fabrikasi 7nm pertama di dunia.

Tidak cuma itu, Pentatonic 2000 juga disebut sebagai chipset TV komersial pertama yang mendukung Versatile Video Coding (VVC) untuk konten video dengan codec H.266.

Baca juga: MediaTek Sindir Qualcomm, Sebut Punya Masalah Panas

Konten codec H.266 adalah standar baru dengan kompresi yang ditingkatkan dan disebut bisa menghasilkan kualitas visual yang sama dengan codec H.265 (High Efficiency Video Coding) namun dengan ukuran file yang 50 persen lebih kecil.

Chipset MediaTek Pentatonic 2000.GSM Arena Chipset MediaTek Pentatonic 2000.

Codec H.266 disebut mampu mentransfer konten visual beresolusi tinggi seperti 4K atau 8K secara efisien lewat siaran streaming melalui jaringan mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini pula yang dijanjikan oleh Pentatonic 2000 untuk menghadirkan video beresolusi 8K di refresh rate 120 Hz dengan dukungan Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC).

MEMC kerap disebut dengan efek "opera sabun" atau pemulus gerakan. Cara kerjanya adalah dengan menambah frame secara artifisial atau buatan ke video yang memiliki frame rate rendah.

Baca juga: Ini Beda Smart TV dan Android TV

Sehingga, video tersebut memiilki frame rate yang lebih tinggi dan memberikan efek halus, sebagaimana dirangkum dari Gizmo China.

MediaTek juga menyebut bahwa peningkatan konten dengan resolusi non-8K ke resolusi TV paling maksimal juga dimungkinkan berkat kecerdasan buatan.

Chipset ini turut dibekali ruang penyimpanan UFS 3.1. Selain itu, terdapat dukungan standar WiFi 6E dan jaringan 5G yang bersifat opsional.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (23/11/2021), TV bertenaga Pentatonic pertama akan hadir mulai tahun 2022 mendatang. Belum diketahui vendor televisi mana saja yang akan menggunakan chipset Pentatonic 2000 ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.