Percakapan di Facebook dan Instagram Baru Dilindungi Mulai 2023

Kompas.com - 23/11/2021, 15:02 WIB
Layanan media sosial yang dimiliki Mark Zuckerberg yaitu Instagram, WhatsApp, dan Facebook. KompasTeknoLayanan media sosial yang dimiliki Mark Zuckerberg yaitu Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

KOMPAS.com - Pengguna Facebook dan Instagram masih menunggu kehadiran fitur enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption) di dua platform messaging-nya.

Fitur enkripsi sendiri sudah hadir di WhatsApp, untuk melindungi pesan saat dikirim hingga diterima pengguna.

Akan tetapi, pengguna Facebook dan Instagram tampaknya harus bersabar. Sebab, Facebook Inc yang kini sudah berganti nama menjadi Meta, baru akan menghadirkan fitur keamanan enkripsi ke platform Facebook dan Instagram pada 2023 mendatang.

Kepala Keamanan Global Meta, Antigone Davis mengonfirmasi hal ini dalam sebuah tulisan opini yang terbit di situs The Telegraph 20 November lalu.

Baca juga: Cara Backup Chat WhatsApp dengan Enkripsi End to End

Davis mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi adalah membuat fitur enkripsi yang tepat untuk menawarkan perlindungan dan privasi bagi pengguna, sekaligus mencegah aksi ilegal atau berbahaya di platform.

Meta tidak ingin bahwa fitur enkripsi justru mengganggu upaya perusahaan memberantas aksi kriminal, yang memanfaatkan platform mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada perdebatan tentang bagaimana perusahaan teknologi bisa terus memerangi penyalahgunaan sekaligus mendukung pekerjaan penting para penegak hukum, jika kami tidak bisa mengakses pesan Anda," jelas Davis.

Itulah mengapa, menurut Davis, Meta butuh banyak waktu untuk mendengar masukan dari para ahli privasi dan keamanan, masyarakat sipil, dan pemerintah, agar fitur perlindungan percakapan ini bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Fitur Enkripsi pada WhatsApp?

"Kami mengambil banyak waktu untuk memperbaikinya (sistem keamanan) dan kami berencana untuk menyelesaikan peluncuran global fitur end-to-end encryption secara default di seluruh layanan perpesanan kami hingga sekitar tahun 2023," tulis Davis.

Dirangkum dari The Verge, Meta sebelumnya menyebut bahwa fitur enkripsi rencananya akan hadir mulai tahun 2022. Namun hingga penghujung tahun, fitur ini belum hadir juga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.