Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Versi OS Android yang Banyak Digunakan Saat Ini

Kompas.com - 24/11/2021, 09:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google selaku pengembang Android, selalu merilis versi terbaru dari sistem operasi mobilenya setiap tahun. Paling baru, Google memperkenalkan Android 12 pada Oktober lalu.

Namun, Android versi lama rupanya masih populer. Berdasarkan data yang dihimpun dari Android Studio, Android 10 menjadi versi yang paling banyak digunakan saat ini.

Android Studio akan menampilkan jumlah perangkat Android serta versi yang sedang digunakan untuk mengakses Play Store dalam tujuh hari terakhir.

Dari keseluruhan versi Android yang terdata, Android 10 menyumbang 26,5 persen dari total perangkat yang terdeteksi mengakses Google Play Store. Sementara Android 11 yang dirilis tahun lalu, menjadi penyumbang kedua terbesar, yakni 24,2 persen.

Baca juga: Malware Joker Kembali, Segera Hapus 15 Aplikasi Android Ini

Android versi yang lebih lama lagi, yakni Android 9 Pie yang dirilis tahun 2018 lalu, menyumbang 18,2 persen, diikuti Android 8 Oreo dengan persentase 13,7 persen.

Sementara itu, Android 7 dan 7.1 Nougat serta Android 6 Marshmallow masing-masing menyumbang 6,3 peren dan 5,1 persen secara berurutan.

Versi Android yang dirilis 7-8 tahun lalu juga masih digunakan hingga kini, meskipun persentasenya kecil. Android 5 Lolipop yang dirilis pada 2014 merepresentasikan 3,9 persen dari total perangkat Android, dan Android 4.4 KitKat yang dirilis pada 2013 mewakili 1,4 persen.

Adapun versi Android paling jadul yang masih terdeteksi di data ini adalah Android 4.1 Jelly Bean yang menyumbang 0,6 persen dari keseluruhan perangkat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Rabu (24/12/2021).

Versi Android 4.1 Jelly Bean dirilis sembilan tahun lalu, tepatnya pada 2012.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Persentasi pengguna Android, berdasarkan data dari Android Studio.GSM Arena Persentasi pengguna Android, berdasarkan data dari Android Studio.

Untuk Android 12 yang baru dirilis beberapa bulan lalu, belum menunjukan persentase kontribusinya, yang berarti kemungkinan masih belum banyak digunakan. Google sendiri baru mulai menggulirkan Android 12 ke pengguna pada 19 Oktober 2021.

Kendati demikian, tidak semua pengguna Android langsung bisa meng-update ke Android 12.
Google akan merilis pembaruan secara bertahap, dimulai dari perangkat Pixel bikinan Google terlebih dahulu.

Setelah itu, merek smartphone lain akan mendapat giliran update Android 12. Beberapa merek yang terkonfirmasi akan mendapat pembaruan Android 12 adalah Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com