Kompas.com - 24/11/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi Android 10 cnet.comIlustrasi Android 10

KOMPAS.com - Google selaku pengembang Android, selalu merilis versi terbaru dari sistem operasi mobilenya setiap tahun. Paling baru, Google memperkenalkan Android 12 pada Oktober lalu.

Namun, Android versi lama rupanya masih populer. Berdasarkan data yang dihimpun dari Android Studio, Android 10 menjadi versi yang paling banyak digunakan saat ini.

Android Studio akan menampilkan jumlah perangkat Android serta versi yang sedang digunakan untuk mengakses Play Store dalam tujuh hari terakhir.

Dari keseluruhan versi Android yang terdata, Android 10 menyumbang 26,5 persen dari total perangkat yang terdeteksi mengakses Google Play Store. Sementara Android 11 yang dirilis tahun lalu, menjadi penyumbang kedua terbesar, yakni 24,2 persen.

Baca juga: Malware Joker Kembali, Segera Hapus 15 Aplikasi Android Ini

Android versi yang lebih lama lagi, yakni Android 9 Pie yang dirilis tahun 2018 lalu, menyumbang 18,2 persen, diikuti Android 8 Oreo dengan persentase 13,7 persen.

Sementara itu, Android 7 dan 7.1 Nougat serta Android 6 Marshmallow masing-masing menyumbang 6,3 peren dan 5,1 persen secara berurutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Versi Android yang dirilis 7-8 tahun lalu juga masih digunakan hingga kini, meskipun persentasenya kecil. Android 5 Lolipop yang dirilis pada 2014 merepresentasikan 3,9 persen dari total perangkat Android, dan Android 4.4 KitKat yang dirilis pada 2013 mewakili 1,4 persen.

Adapun versi Android paling jadul yang masih terdeteksi di data ini adalah Android 4.1 Jelly Bean yang menyumbang 0,6 persen dari keseluruhan perangkat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Rabu (24/12/2021).

Versi Android 4.1 Jelly Bean dirilis sembilan tahun lalu, tepatnya pada 2012.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Persentasi pengguna Android, berdasarkan data dari Android Studio.GSM Arena Persentasi pengguna Android, berdasarkan data dari Android Studio.

Untuk Android 12 yang baru dirilis beberapa bulan lalu, belum menunjukan persentase kontribusinya, yang berarti kemungkinan masih belum banyak digunakan. Google sendiri baru mulai menggulirkan Android 12 ke pengguna pada 19 Oktober 2021.

Kendati demikian, tidak semua pengguna Android langsung bisa meng-update ke Android 12.
Google akan merilis pembaruan secara bertahap, dimulai dari perangkat Pixel bikinan Google terlebih dahulu.

Setelah itu, merek smartphone lain akan mendapat giliran update Android 12. Beberapa merek yang terkonfirmasi akan mendapat pembaruan Android 12 adalah Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.