YouTube Siapkan Penghargaan untuk "Lulusan" Akademi Edukreator 2021

Kompas.com - 24/11/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi Akademi Edukreator 2021. KOMPAS.com/BILL CLINTENIlustrasi Akademi Edukreator 2021.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - YouTube bakal menggelar malam penghargaan Akademi Edukreator 2021 pada 27 November 2021 mendatang. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi sejumlah kreator konten edukasi di Indonesia yang sukses mengembangkan kanal mereka.

Penghargaan itu bakal diberikan kepada sejumlah kreator konten kategori edukasi yang menjadi peserta Akademi Edukreator 2021. Mereka telah mengikuti lebih dari 10 kelas dari berbagai topik pengembangan konten selama Juli-November 2021.

Gerald Sebastian, Co-Founder & Business Director Kok Bisa, yang sekaligus berperan sebagai dewan juri Penghargaan Akademi Edukreator 2021, mengatakan bahwa pihaknya bakal mengumumkan sejumlah kategori kanal terbaik di malam apresiasi tersebut.

"Akan ada beberapa kategori mencakup kanal Edutainment terbaik, kanal Akademik terbaik, serta kanal Vokasi terbaik," kata Gerald dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Pendiri YouTube Protes Jumlah Dislike Disembunyikan

Menurut Gerald, kategori Edutainment merupakan penghargaan bagi kanal yang bisa membuat video yang menghibur, namun tetap edukatif.

Lalu, kategori Akademik adalah kanal yang membuat video pendidikan atau materi pembelajaran dengan menarik dan bagus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, kategori Vokasi merupakan kanal yang membuat video edukatif yang langsung bisa diterapkan ke kehidupan nyata.

Kriteria kanal terbaik

Gerald melanjutkan, kriteria kanal terbaik dilihat berdasarkan performa suatu kanal selama beberapa minggu ke belakang, terutama setelah mereka mengikuti kelas Akademi Edukreator 2021.

"(Kriteria) kanal-kanal tersebut dilihat dari perkembangannya selama kurang lebih satu bulan, serta potensi kanal tersebut untuk diapresiasi sebagai salah satu kanal terbaik yang ada di Akademi Edukreator 2021," imbuh Gerald.

Malam Penghargaan Akademi Edukreator 2021 sendiri bakal digelar secara virtual pada 27 November 2021 mendatang pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Perjalanan Panjang Sistem Rekomendasi Video YouTube, dari Berbasis Klik hingga Aktivitas

Tayangan live streaming untuk acara tersebut bisa disaksikan di kanal YouTube Kok Bisa melalui tautan berikut ini, kanal Kemendikbud RI melalui tautan berikut ini, dan kanal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui tautan berikut ini.

Acara tersebut juga bakal dihadiri oleh beberapa dewan juri, seperti Gerald tadi, beberapa partisipan Akademi Edukreator 2021 terpilih, serta perwakilan dari pemerintah. 

"Akan dihadiri oleh teman-teman Kok Bisa diwakili Gerald, ada Iwan Syahril selaku Dirjen GTK Kemendikbud RI, dan teman-teman dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)," pungkas Co-Founder Kok Bisa, Ketut Yoga Yudistira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.