Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Siapkan Penghargaan untuk "Lulusan" Akademi Edukreator 2021

Kompas.com - 24/11/2021, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube bakal menggelar malam penghargaan Akademi Edukreator 2021 pada 27 November 2021 mendatang. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi sejumlah kreator konten edukasi di Indonesia yang sukses mengembangkan kanal mereka.

Penghargaan itu bakal diberikan kepada sejumlah kreator konten kategori edukasi yang menjadi peserta Akademi Edukreator 2021. Mereka telah mengikuti lebih dari 10 kelas dari berbagai topik pengembangan konten selama Juli-November 2021.

Gerald Sebastian, Co-Founder & Business Director Kok Bisa, yang sekaligus berperan sebagai dewan juri Penghargaan Akademi Edukreator 2021, mengatakan bahwa pihaknya bakal mengumumkan sejumlah kategori kanal terbaik di malam apresiasi tersebut.

"Akan ada beberapa kategori mencakup kanal Edutainment terbaik, kanal Akademik terbaik, serta kanal Vokasi terbaik," kata Gerald dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Pendiri YouTube Protes Jumlah Dislike Disembunyikan

Menurut Gerald, kategori Edutainment merupakan penghargaan bagi kanal yang bisa membuat video yang menghibur, namun tetap edukatif.

Lalu, kategori Akademik adalah kanal yang membuat video pendidikan atau materi pembelajaran dengan menarik dan bagus.

Sementara itu, kategori Vokasi merupakan kanal yang membuat video edukatif yang langsung bisa diterapkan ke kehidupan nyata.

Kriteria kanal terbaik

Gerald melanjutkan, kriteria kanal terbaik dilihat berdasarkan performa suatu kanal selama beberapa minggu ke belakang, terutama setelah mereka mengikuti kelas Akademi Edukreator 2021.

"(Kriteria) kanal-kanal tersebut dilihat dari perkembangannya selama kurang lebih satu bulan, serta potensi kanal tersebut untuk diapresiasi sebagai salah satu kanal terbaik yang ada di Akademi Edukreator 2021," imbuh Gerald.

Malam Penghargaan Akademi Edukreator 2021 sendiri bakal digelar secara virtual pada 27 November 2021 mendatang pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Perjalanan Panjang Sistem Rekomendasi Video YouTube, dari Berbasis Klik hingga Aktivitas

Tayangan live streaming untuk acara tersebut bisa disaksikan di kanal YouTube Kok Bisa melalui tautan berikut ini, kanal Kemendikbud RI melalui tautan berikut ini, dan kanal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui tautan berikut ini.

Acara tersebut juga bakal dihadiri oleh beberapa dewan juri, seperti Gerald tadi, beberapa partisipan Akademi Edukreator 2021 terpilih, serta perwakilan dari pemerintah. 

"Akan dihadiri oleh teman-teman Kok Bisa diwakili Gerald, ada Iwan Syahril selaku Dirjen GTK Kemendikbud RI, dan teman-teman dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)," pungkas Co-Founder Kok Bisa, Ketut Yoga Yudistira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com