Pertama Kali, Workshop Google YouTube Week 2021 Terbuka untuk Umum

Kompas.com - 24/11/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi YouTube businessinsider.comIlustrasi YouTube
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung dan merayakan perkembangan YouTube di Indonesia, Google menghadirkan program workshop bertajuk "YouTube Week 2021".

Program tersebut untuk pertama kalinya kini terbuka bagi kalangan umum. Sebelumnya, YouTube Week hanya dibuka untuk pihak tertentu saja seperti lembaga pemerintahan dan kreator konten.

Dalam ajang tersebut, Google bakal menghadirkan 12 workshop seputar YouTube, seperti strategi untuk mengembangkan kanal, selama tiga hari pada 23-25 November 2021.

Meski demikian, Communications Manager Google Indonesia, Felicia Wienathan mengatakan tidak semua workshop bisa diikuti oleh pengguna umum. Hal ini dilakukan untuk menghindari topik-topik workshop yang mungkin tidak relevan dengan publik. 

Baca juga: YouTube Siapkan Penghargaan untuk Lulusan Akademi Edukreator 2021

"Dari 12 workshop, hanya tiga yang dibuka untuk umum. Sebab, workshop lainnya lebih fokus ke pengguna YouTube di sektor lain, contohnya seperti media, instansi pemerintahan, hingga lembaga publik," kata Feliciana  dalam sebuah acara virtual, Rabu (24/11/2021).

Feliciana mengatakan, peminat yang ingin mengikuti workshop YouTube Week 2021 secara virtual dengan memantau kanal YouTube Kreator Indonesia di YouTube melalui tautan berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencarian konten edukasi di YouTube.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Pencarian konten edukasi di YouTube.

Selain YouTube Week, Feliciana juga mengungkap sedikit informasi tentang perkembangan YouTube di Tanah Air.

"Menurut data internal YouTube per Juni 2021, waktu tonton video terkait pengetahuan di topik-topik macam sains, humaniora, bisnis, dan hukum di Indonesia tumbuh lebih dari 80 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," klaim Feliciana.

Kemudian, berdasarkan data ComScore per Maret 2021, ia juga menyebut bahwa YouTube telah menjangkau lebih dari 100 juta orang Indonesia yang tergolong sebagai pengguna dewasa.

Baca juga: Kreator Konten Edukasi Sulit Ikuti Trending di YouTube, Ini Alasannya

Hal ini, lanjut Feliciana, menjadikan Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara dengan jumlah pengguna YouTube terbanyak di dunia, tapi dia tak mengungkap angka persisnya.

Feliciana juga mengungkap bahwa jumlah kanal YouTube asal Indonesia yang memiliki lebih dari 1 juta pelanggan (subscriber) kini telah berjumlah 9.500 kanal.

Secara global, data internal YouTube per Juni 2021 juga mencatat ada sekitar 2 miliar pengguna yang masuk (log-in) ke platform tersebut setiap bulannya. Lalu, ada lebih dari 500 konten video yang diunggah ke YouTube setiap menit di seluruh dunia.

"Ini menandakan tak hanya banyak orang yang mengakses YouTube, tetapi juga banyak kreator yang mengunggah video," pungkas Feliciana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.