Tinggalkan Qualcomm, Apple Pakai Chip Modem Sendiri untuk iPhone 2023?

Kompas.com - 24/11/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing

KOMPAS.com - Apple kabarnya sedang mengembangkan chip modem buatan sendiri. Qualcomm yang selama ini menjadi pemasok chip modem untuk iPhone pun bakal tersingkir mulai tahun depan.

Hal itu diketahui dari peryataan Qualcomm CFO Akash Palkhiwala saat berbicara dalam Investor Day, dua pekan lalu.

Palkhiwala memperkirakan bahwa pengiriman chip modem Qualcomm untuk iPhone bakal jauh menurun pada 2023 hingga tinggal seperlimanya. Dia pun secara tak langsung mengonfirmasi kabar bahwa Apple akan mulai memakai chip modem sendiri untuk iPhone.

Baca juga: Apple dan Qualcomm Damai, Intel Tersingkir dari 5G Smartphone

"Asumsi yang kami gunakan untuk perkiraan ini adalah bahwa untuk peluncuran Apple 2023, pangsa kami turun menjadi 20 persen," ungkap Palkhiwal sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Rabu (24/11/2021).

Sebelumnya, pada Mei lalu, pembocor ulung Ming-Chi Kuo sempat mengatakan bahwa chip modem 5G buatan Apple akan mulai dipakai di iPhone mulai tahun depan.

Sebelumnya, ketika berkonflik dengan Qualcomm, Apple sempat menggunakan chip modem bikinan Intel. Qualcomm dan Apple lalu sepakat damai pada 2019 sehingga Intel tersingkir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apple Umumkan Beli Bisnis Modem Intel Rp 13 Triliun

Unit bisnis modem Intel kemudian dibeli oleh Apple. Inilah yang kemudian menjadi bekal Apple dalam mengembangkan modem sendiri untuk iPhone.

Meskipun jatah pasokan chipmodemnya bakal berkuran drastis mulai tahun depan, Qualcomm akan tetap mendapat pemasukan berupa royalti dari Apple. Sebab, Qualcomm memegang sejumlah paten terkait teknologi 5G yang digunakan di chip modem.

Apple sendiri sudah berupaya mengembangkan chip untuk produk gadget buatannya selama bertahun-tahun, agar tak terlalu bergantung pada perusahaan lain.

Sebelum chip modem Qualcomm dipangkas dari iPhone, tahun lalu CPU Intel telah lebih dulu didepak dari komputer Mac dan laptop MacBook, digantikan oleh chip M1 buatan Apple sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.