Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Luncurkan IoT Sphere, Software Penangkal Serangan Siber

Kompas.com - 25/11/2021, 07:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel meluncurkan Telkomsel IoT Sphere, solusi layanan keamanan IoT (Internet of Things) untuk memberi perlindungan optimal pada jaringan pelanggan dari serangan siber, untuk menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan.

Telkomsel IoT Sphere hadir untuk ‘Make IoT Asset Secure, safe, and yet simple’ dengan berbagai fitur unggulannya, yang berfokus dalam menjaga keamanan aset IoT perusahaan.

Berbagai fitur unggulan tersebut meliputi Just on Click, Security and Threats protection, Device Agnostic, dan Routing & Filtering.

Fitur Just on Click membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan IoT Envion, Solusi Manajemen Energi Berbasis AI

Security and Threats protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan, sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Device Agnostic yang memungkinkan platform dapat diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi, dan didukung dengan End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif.

Kemudian Routing & Filtering yang memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan filtering system yang kuat sehingga keamanan koneksi data tetap terjaga.

"Kami berupaya membuat aset IoT yang dimiliki perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman, seperti virus maupun gangguan berbahaya lainnya dengan mekanisme yang praktis," kata Vice President Internet of Things Telkomsel, Alfian Manulang.

Baca juga: 14.000 Gerai Alfamart Terhubung oleh Solusi IoT Telkomsel

"Karena Telkomsel IoT Sphere dilengkapi dengan sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time," imbuh Alfian dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (25/11/2021).

Layanan Telkomsel IoT Sphere menjadi layanan smart security solutions yang dapat diaplikasikan untuk beragam kebutuhan keamanan oleh lintas sektor industri, seprti jaringan mesin ATM, kantor pelayanan publik seperti Samsat, hingga startup dompet digital.

Informasi lebih lanjut tentang Telkomsel IoT Sphere dan portofolio Telkomsel IoT lainnya bisa dilihat di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com