5 Besar Merek Smartphone Global, Apple Depak Xiaomi dari Urutan Kedua

Kompas.com - 25/11/2021, 07:33 WIB
Samsung Galaxy Z Flip3 SamsungSamsung Galaxy Z Flip3

KOMPAS.com - Firma riset pasar Gartner merilis laporan penjualan smartphone global untuk kuartal III-2021. Gartner mengungkap penjualan smartphone secara langsung ke konsumen  mengalami penurunan sebesar 6,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: 5 Besar Vendor Ponsel di Indonesia, Vivo Teratas

Kendati demikian, sebagian besar vendor smartphone mengalami pertumbuhan satu digit secara year over year (YoY). Lima besar merk smartphone dunia masih dihuni oleh para vendor yang sama. Urutannya adalah sebagai berikut.

  1. Samsung mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan merengkuh 20,2 persen pangsa pasar di kuartal III-2021. Selama periode tersebut, Samsung menjual 69 juta unit smartphone secara global.

    Menurut Gartner, pangsa pasar Samsung turun 1,9 persen secara YoY. Akan tetapi, Samsung mengalami pertumbuhan di segmen premium berkat duo ponsel lipat yakni Galaxy Z Flip3 dan Galaxy Z Fold3. Dua ponsel lipat Samsung itu laris manis di pasaran.

  2. Apple yang setahun lalu duduk di urutan ketiga kini naik ke urutan kedua dengan mendepak Xiaomi. Apple tercatat menguasai pangsa pasar sebesar 14,2 persen dengan total penjualan 48 juta unit.

  3. Xiaomi di urutan ketiga menguasai 13 persen pangsa pasar dengan total penjualan 44,4 juta. Permintaan ponsel Xiaomi cukup kuat di jalur online, terutama di pasar Eropa dan Timur Tengah, di mana Xiaomi bekerja sama dengan operator seluler di sana.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

  4. Di posisi keempat ada Vivo dengan 10,5 persen pangsa pasar dan penjualan sebanyak 36 juta.

  5. Sementara,  Oppo di urutan kelima menguasai 33,6 persen pangsa pasar dengan total penjualan sebanyak 33,6 juta unit.

Xiaomi, Vivo, dan Oppo masing-masing mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 1 persen, 2,4 persen, dan 1,7 persen dari tahun ke tahun secara berurutan. Begitu pula dengan Apple yang mengalami peningkatan sebesar 3,1 persen.

Menurut Gartner, Apple mengalami lonjakan permintaan berkat peluncuran iPhone 13 yang menawarkan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Baca juga: Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Beda Spesifikasi iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Apalagi, Apple juga mengubah strategi di kanal online dan menggelar program trade in untuk mengakselerasi permintaan iPhone 5G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.