Kompas.com - 26/11/2021, 09:02 WIB
ilustrasi Instagram user cnet.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Sejak 2018, Instagram telah merilis fitur stiker musik yang memungkinkan pengguna menambahkan lagu pada unggahan di Instagram Stories.

Selang dua tahun, tepatnya pada 2020, Instagram turut merilis Reels, di mana pengguna bisa mengunggah video pendek berdurasi 1 menit lengkap dengan iringan musik dari database Instagram.

Setelah hadir di IG Stories dan Reels, Instagram tampaknya berencana memperluas fitur musik tersebut ke unggahan di feed.

Baca juga: Musik dan Tema yang Sering Dipakai Netizen Indonesia di Instagram Reels

Menurut laporan salah satu pengguna Instagram dengan handle @ladyroxpop, Instagram tengah melakukan uji coba fitur "Add Music" atau tambahkan musik di postingan feed.

Instagram Uji Coba Fitur Musik di Postingan Feed.Instagram/ @ladyroxpop Instagram Uji Coba Fitur Musik di Postingan Feed.
Dalam gambar yang disertakan @ladyroxpop, fitur "Add Music" pada postingan feed bakal tersedia di halaman akhir saat pengguna biasa menuliskan caption, menandai (tag) pengguna lain, atau menyertakan nama tempat.

Pengguna bisa menambahkan musik di positngan feed dengan mengeklik fitur "Add Music" yang ada di bawah kolom "Add Location".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika fitur "Add Music" di-klik, pengguna akan dibawa ke jendela database musik Instagram untuk mencari dan memilih lagu yang diinginkan.

Baca juga: Cara Membagikan Lirik Lagu Spotify ke WhatsApp dan Media Sosial

Persis saat menambahkan lagu di Reels atau melalui stiker musik di IG Stories, pengguna juga bisa menyesuaikan bait lagu yang ingin digunakan dalam postingan feed.

Instagram Uji Coba Fitur Musik di Postingan Feed.Instagram/ @ladyroxpop Instagram Uji Coba Fitur Musik di Postingan Feed.
Tidak dijelaskan secara spesifik berapa detik musik yang dapat disertakan pada postingan feed. Namun, video yang diunggah melalui feed sendiri memiliki durasi maksimal 60 detik atau 1 menit.

Setelah musik dipilih, pengguna bisa mengunggah postingan feed seperti biasanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.