Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Konten Instagram Stories Akan Diperpanjang Jadi 60 Detik?

Kompas.com - 26/11/2021, 19:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram tampaknya benar-benar ingin beralih fokus ke konten video. Setelah merilis Reels, kini giliran Stories yang kabarnya bakal dirombak. Instagram dikabarkan sedang menguji coba durasi Stories lebih lama, yakni menjadi 60 detik atau 1 menit.

Selama ini, durasi maksimal sebuah  unggahan konten video di Instagram Stories dibatasi hanya 15 detik saja. Apabila pengguna mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 detik, maka video akan terbagi menjadi beberapa segmen.

Menurut laporan Social Media Today, beberapa pengguna kebagian uji coba perpanjangan durasi Instagram Stories. Mereka yang "beruntung" akan mendapat pop-up notifikasi yang menerangkan bahwa durasi Stories akan diperpanjang menjadi 60 detik.

Baca juga: Konten Instagram Stories Kini Bisa Di-Like, Begini Caranya

"Perkenalkan Stories yang lebih panjang. Video dengan durasi hingga 60 detik tidak akan lagi dipecah menjadi beberapa segmen" begitu tulisan dalam pop-up notifikasi tersebut.

Bocoran fitur ini juga sempat diunggah oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi yang cukup sering mengungkap bakal fitur baru media sosial.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Social Media Today, Jumat (26/11/2021), pihak Instagram telah mengonfirmasi kabar uji coba ini.

"Kemampuan membuat Stories yang lebih panjang sangat banyak diminta oleh komunitas kami. Kami sangat senang menguji coba Stories berdurasi 60 detik, jadi pengguna bisa membuat dan menonton Stories dengan gangguan yang minim," jelas Instagram.

Lebih lanjut, pihak Instagram mengatakan Stories berdurasi 60 detik memang baru diuji coba ke segelintir pengguna. Jika fitur ini sudah dirilis, ada kemungkinan konten Reels bisa diunggah secara utuh ke Instagram Stories.

Baca juga: Musik dan Tema yang Sering Dipakai Netizen Indonesia di Instagram Reels

Reels memiliki rentang durasi 15-30 detik, lebih lama dari Stories. Sehingga, selama ini, Reels yang diunggah ke Stories akan terpotong apabila lebih dari 15 detik.

Tidak hanya durasi Instagram Stories yang diperpanjang. Instagram juga kabarnya sedang menguji coba unggahan video sebagai Reels.

Jadi, apapun video yang nantinya akan diunggah ke Instagram, tidak perduli apakah vertikal atau horisontal, video akan diunggah sebagai "Reels". Bocoran ini diungkap oleh seorang pembocor fitur lain dengan handle akun @hammodoh1.

Video menjadi salah satu fokus Instagram yang saat ini kian dimatangkan.  Beberapa waktu lalu, CEO Instagram, Adam Mosseri mengungkap bahwa Instagram tidak lagi ingin disebut sekadar aplikasi berbagi foto saja.

Baca juga: Evolusi Konten Video di Instagram, dari Feed hingga Reels

Salah satu alasannya adalah persaingan sengit dengan platform lain, terutama TikTok. "Karena jujur saja, persaingan semakin ketat saat ini, TikTok sangat besar, YouTube bahkan lebih besar, dan masih banyak pemula lainnya," aku Mosseri

Mosseri menjanjikan akan memberikan pengalaman video yang semakin menarik ke depannya. "(Video) layar penuh, imersif, menghibur, dan video yang mengutamakan seluler," imbuh Mosseri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com