Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Apple Watch" Langka Keluaran 1988 Dilelang, Bisa Laku Rp 714 Juta

Kompas.com - 29/11/2021, 15:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak pertama kali dirilis pada 2015, popularitas Apple Watch langsung melejit hingga kini menguasai pasaran smartwatch. Namun, perangkat ini sebenarnya bukan "arloji pintar" pertama yang ada sangkut pautnya dengan Apple.

Jauh sebelum itu, pada dekade 1980-an, pabrikan arloji Seiko asal Jepang pernah merilis jam tangan digital yang dinamai Wrist Mac. Perangkat ini dimaksudkan sebagai pendamping Mac dan bisa terhubung ke komputer tersebut lewat protokol AppleTalk.

Baca juga: Komputer Pertama Apple yang Masih Berfungsi Dilelang, Laku Rp 5,7 Miliar

Kini, sebuah arloji Wrist Mac warna hitam keluaran tahun 1988 dilelang oleh situs ComicConnect. Wrist Mac dalam lelang terbilang sangat langka karena belum pernah dikenakan sama sekali serta datang dalam kotak kemasan orisinal.

Dalam deskripsi di situsnya, ComicConnect mengklaim bahwa Wrist Mac merupakan salah satu perangkat wearable device pertama. Kelengkapannya mencakup boks asli, manual, kartu registrasi dan garansi yang belum diisi, serta disket (floppy disk) berisi software.

"Wrist Mac dapat menyimpan nomor telepon, menyetel alarm sekali pakai atau berulang tiap hari atau tiap pekan, serta dapat mengambil catatan yang kemudian bisa dieskpor ke disket sebagai file teks," tulis ComicConnect.

Baca juga: Ini Daftar Harga Apple Watch Series 7

Arloji jadul ini pernah beken ketika kru pesawat ulang-alik Atlantis menggunakannya untuk koordinasi dengan komputer Macintosh Portable, dalam rangka mengirim e-mail pertama dari luar angkasa pada 28 Agustus 1991.

Dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Senin (29/11/2021), ComicConnect akan melelang Wrist Mac di situsnya pada 22 November hingga 18 Desember 2021. Karena langka, harganya diperkirakan bisa mencapai kisaran 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 714 juta. 

Pemilik sebelumnya mengaku membeli arloji Wrist Mac ini dalam acara cuci gudang yang berlangsung di gudang Connecticut Mac, dengan harga kurang dari 50 dolar AS (sekitar Rp 714.500).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com