Data Pengguna Travelio Diduga Diretas

Kompas.com - 30/11/2021, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Situs penyewaan properti Travelio diduga mengalami peretasan. Data pengguna disebut dipajang di situs jual-beli data RaidForums.

Dari penelusuran KompasTekno, data penggua Travelio diunggah oleh akun "ShinyHunters" pada 23 November 2021.

Tidak disebutkan berapa besar jumlah data yang diretas, termasuk berapa harganya. Namun, ShinyHunters menampilkan sampel atau contoh data yang bisa dilihat secara cuma-cuma.

Baca juga: Hacker Klaim Bobol dan Bocorkan Data Milik Polri

Sampel yang masih berupa dump data itu jika ditelisik memuat data sensitif, seperti nomor telepon, alamat e-mail, dan password yang dikunci dengan kode spesifik, atau biasa disebut "salt". Salt biasa digunakan untuk melindungi kata sandi pengguna dengan algoritma.

Dari percobaan yang dilakukan KompasTekno, nomor ponsel yang tercantum di sampel tersebut, teridentifikasi di apliaksi pelacak nomor ponsel Get Contact, dan hasilnya pun sesuai dengan nama pemilik akun dan ID e-mail yang juga bocor di data sampel.

Ketika mencoba mengunduh data, muncul keterangan bahwa "konten" sudah dihapus, namun sampel data masih bisa dilihat secara publik.

Hingga berita ini ditayangkan, KompasTekno masih berupaya menghubungi Travelio untuk meminta tanggapan atas kasus dugaan peretasan pengguna di platformnya.

Baca juga: Kominfo Blokir Raid Forums Pasca-kebocoran Diduga Data 279 Juta Warga RI

Ini bukan kali pertama akun ShinyHunters menjajakan data pengguna asal Indonesia di situs Raid Forum.

Sebelumnya, akun tersebut juga menjual 1,2 juta akun pengguna Bhinneka.com pada bulan Mei tahun 2020 lalu.

Beberapa bulan berikutnya, tepatnya pada Agustus 2020, ShinyHunters kembali mengklaim memiliki 890.000 data nasabah Kredit Plus.

Sementara itu, situs RaidForums yang sebelumnya bisa diakses dengan mudah, kini sudah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.