Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Orang India yang Jadi Bos Perusahaan Teknologi Dunia

Kompas.com - 30/11/2021, 20:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber news18

KOMPAS.com - India dikenal sebagai negara yang kemajuan teknologinya cukup pesat, bahkan, India kerap menjadi pasar yang besar bagi sejumlah perusahaan teknologi.

Selain menjadi pasar yang besar, India juga memiliki orang-orang yang menduduki jabatan tinggi di raksasa teknologi dunia.

Tak sedikit petinggi-petinggi perusahaan teknologi besar lain yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, yang sama-sama berasal dari negara yang biasa dijuluki "Anak Benua" itu. Siapa saja?

1. CEO Twitter, Parag Agrawal

CEO Twitter, Parag Agrawal yang berasal dari India.TheGuardian CEO Twitter, Parag Agrawal yang berasal dari India.
Yang terbaru adalah Parag Agrawal yang menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. Jack Dorsey baru saja mewariskan jabatannya kepada kerabatnya yang merupakan keturunan India, Parag Agrawal.

Baca juga: Sosok Parag Agrawal, CEO Baru Twitter Pengganti Jack Dorsey

Ini artinya, Agrawal, yang merupakan mantan Chief Technology Officer (CTO) Twitter sejak 2017 itu, menambah daftar orang asal India yang memimpin berbagai perusahaan teknologi besar di dunia.

Agrawal sendiri lahir di Mumbai, India sekitar tahun 1984 dan bergabung ke Twitter pada 2011 lalu. Ia adalah lulusan S1 dari Institut Teknologi Bombay, India, dan S2 serta PhD dari Universitas Stanford, AS.

2. CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai

                               CEO Google, Sundar Pichai, Rabu (17/5/2017), saat menjadi spekaer pada keynote utama Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, AS.Google CEO Google, Sundar Pichai, Rabu (17/5/2017), saat menjadi spekaer pada keynote utama Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, AS.
Sundar Pichai dipercaya menjadi CEO Google sejak 2015 lalu. Pria kelahiran Madras, India, 10 Juni 1972 ini merupakan lulusan S1 Institut Teknologi Kharagpur, India, S2 dari Universitas Stanford, AS, dan MBA dari Universitas Pennsylvania (Warton School), AS.

Posisi CEO Google diberikan Pichai pada 2015 lalu setelah salah satu pendiri Google, Larry Page, naik jabatan menjadi CEO Alphabet.

Kemudian pada Desember 2019, melalui sebuah surat yang dipublikasi di blog resmi perusahaan, pendiri Google Larry Page menyatakan mundur dari jabatannya sebagai CEO Alphabet.

Dengan demikian, Sundar Pichai yang sebelumnya telah menjabat sebagai CEO Google juga merangkap sebagai CEO Alphabet, perusahaan induk Google yang didirikan pada 2015 itu.

Pichai sendiri bergabung ke Google pada 2004 lalu. Sebelum menjadi CEO, Pichai pernah menjabat beberapa posisi strategis di Google seperti Product Manager untuk aneka software Google macam browser Chrome, Drive, Gmail, Maps, dan lain sebagainya.

3. CEO Microsoft, Satya Nadella

CEO Microsoft, Satya NadellaCNBC CEO Microsoft, Satya Nadella
Satya Nadella ditunjuk menjadi CEO Microsoft sejak 2014 lalu, menggantikan Steve Ballmer yang sudah menduduki posisi tersebut selama 15 tahun terakhir.

Pria kelahiran Hyderabad (kini Telangana), India 19 Agustus 1967 ini merupakan lulusan S1 Institut Teknologi Manipal, India, S2 dari Universitas Wisconsin, AS, dan MBA di Universitas Chicago, AS.

Baca juga: Satya Nadella, CEO Baru Microsoft Kelahiran India

Satya sendiri bergabung ke Microsoft sejak 1992 lalu. Sebelumnya, ia sempat menduduki posisi wakil presiden eksekutif Cloud and Enterprise Microsoft, hingga SVP untuk riset dan pengembangan berbagai produk Microsoft.

4. CEO Adobe, Shantanu Narayen

Shantanu Narayen, Adobe CEO, yang difoto d markas Adobe di San Jose, California pada 10 November 2017.
Gary Reyes Shantanu Narayen, Adobe CEO, yang difoto d markas Adobe di San Jose, California pada 10 November 2017.
Shantanu Narayen telah menjabat posisi CEO Adobe sejak 2007 lalu, menggantikan Bruce Chizen yang telah menjabat posisi tersebut selama tujuh tahun belakangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber news18
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com