Qualcomm Andalkan AI untuk Saingi Google dan Apple

Kompas.com - 01/12/2021, 18:07 WIB
|

KOMPAS.com - Dua raksasa teknologi dunia yakni Apple dan Google memiliki chip buatannya sendiri.

Apple dengan Bionic miliknya dan Google memulai debut chip Tensor di lini Pixel 6 yang dirilis tahun ini.

Hal ini membuat Qualcomm harus memutar otak. Pasalnya, sebagai pembuat chip terkemuka di industri smartphone, Qualcomm bakal menghadapi persaingan berat dengan dua raksasa tersebut.

Oleh karena itu, Qualcomm akan sangat bergantung pada Artificial Intelligence (AI) untuk membuat perbedaan dengan kompetitornya.

Qualcomm pun memperkenalkan chip Snapdragon 8 Gen 1 yang memiliki mesin komputasi Qualcomm AI generasi ketujuh, yang diklaim memiliki performa empat kali lebih cepat dibanding pendahulunya.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Qualcomm mengklaim, mesin Qualcomm AI generasi ketujuh ini memiliki kemampuan akseletor tensor dua kali lebih cepat dan memori dua kali lebih besar dari pendahulunya.

Lantas, apa bagaimana kemampuan mesin AI generasi ketujuh dari Qualcomm ini?

Menurut Vinesh Sukumar, Head of AI/ML Product Management at Qualcomm, mesin AI generasi ketujuh ini dapat menangani beban kerja yang lebih banyak.

Dalam sebuah video demonstrasi, Qualcomm memperlihatkan ponsel purwarupa yang berbasis Snapdragon 8 Gen 1 dapat mendeteksi wajah dan membuat efek bokeh secara bersamaan.

Sukumar mengklaim, kemampuan kecerdasan buatan ini memungkinkan perangkat lunak untuk mendeteksi lebih dari 20 titik wajah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.