Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#SpotifyWrapped21 Bergema di Twitter, Trending Topic Teratas di Indonesia

Kompas.com - 02/12/2021, 09:46 WIB
CA,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming musik Spotify memiliki tradisi akhir tahunan yang dijuluki Spotify Wrapped. Ini merupakan kilas balik yang menunjukkan kebiasaan unik dari para pengguna Spotify dalam mendengarkan musik selama setahun terakhir.

Tahun ini, Spotify kembali merilis kilas balik tersebut pada 1 Desember 2021. Banyak pengguna yang sudah menunggu-nunggu Spotify Wrapped 2021 ini.

Kilas balik Spotify Wrapped 2021 tersebut langsung disambut antusias oleh warganet. Mereka pun beramai-ramai membagikan isi Spotify Wrapped ke sejumlah media sosial, termasuk Twitter.

Tak ayal, tagar #SpotifyWrapped2021 bertengger dalam daftar trending topic Twitter hari ini.

Pantauan KompasTekno, Kamis (2/12/2021) pagi, tagar #SpotifyWrapped2021 memuncaki trending topic Indonesia. Sementara itu pada trending topic global, tagar #Spotify yang menduduki peringkat pertama.

"Tahun kemarin cuman sampai 2.060 Menit dengerin lagu, sekarang naik jadi 5.062 Menit. Kebanyakan denger lagu ntar ortu saya marah tapi yah gpp yang penting @billieeilish #KilasBalikSpotify #SpotifyWrapped #spotifywrapped2021," tulis pengguna Twitter di handle asqhalkun.

Dancer dan penyanyi Frankie Grande juga ikut membagikan pengalaman mendengarkan musiknya di #SpotifyWrapped2021.

Tidak berbeda dari tahun sebelumnya, beberapa kategori yang hadir dalam daftar kali ini antara lain, Your 2021 Wrapped, Top Tracks & Artist of 2021, Best New Podcast of 2021, dan Best Episodes of 2021.

Tidak hanya itu, Spotify Wrapped 2021 juga memperkenalkan pengalaman baru melalui sejumlah fitur.

Fitur pertama adalah Share Cards baru yang dipersonalisasi untuk menggambarkan perjalanan audio pengguna selama setahun terakhir.

Selain daftar artis, genre, serta lagu, kini ada kategori lain di Spotify Wrapped 2021, yaitu Your Audio Aura, Playing Cards, 2021: The Movie, dan 2021 Wrapped: Blend.

Hal baru lain yang cukup menarik adalah Audio Aura. Seperti namanya, Spotify akan mencoba menebak warna aura dan suasana hati pengguna berdasarkan dua jenis musik yang paling sering diputar mereka sepanjang tahun.

Kemudian ada playing cards berisi game ikonik berjudul "Two truths and a lie" yang memungkinkan pengguna memilih satu dari tiga fakta yang salah terkait pengalaman mendengar pengguna di Spotify.

Lalu ada "2021: The Movie" yang memungkinkan pengguna membuat soundtrack film perjalanan hidupnya berdasarkan lagu yang didengar di Spotify.

Ada pula "2021: Wrapped Blend" yang memungkinkan pengguna melihat tren musik yang mereka dengar sepanjang tahun dan membandingkan dengan tren musik yang didengar teman-temannya di Spotify.

Baca juga: Demi Adele, Spotify Nonaktifkan Fitur Shuffle Default

Menurut Head of Music Spotify Asia, Kossy Ng, melewati 2021 merupakan pengalaman unik dan berbeda bagi setiap orang. Ia menuturkan, setiap orang kini belajar bersahabat dengan ketidakpastian yang dihadapi, serta menjunjung setiap hal kecil yang menjadikan keunikan dari dirinya sendiri.

"Spotify Wrapped 2021 hadir untuk membantu kita melihat kembali satu tahun ke belakang, serta merefleksikan peran audio dalam hidup kita, dan bagaimana para kreator menciptakan soundtrack yang menemani perjalanan kita," tutur Kossy Ng dalam keterangan resmi seperti KompasTekno lansir dari Spotify News Room, Kamis (2/12/2021).

Spotify Wrapped sendiri pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2016.

Spotify Wrapped 2021 dapat diakses pengguna Spotify gratisan maupun premium lewat aplikasi di iOS maupun Android. Jajaran podcast dan lagu teratas pendengar akan dikombinasikan menjadi sejumlah playlist yang dipersonalisasi.

Baca juga: 10 Lagu Terpopuler di Spotify Indonesia, Adele Belum Tergeser dari Singgasana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com