Google Bagikan 10.000 Pelatihan TI Gratis untuk Indonesia

Kompas.com - 02/12/2021, 11:20 WIB
ilustrasi Google Office The New York Timesilustrasi Google Office
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Google, melalui divisi filantropi Google.org, menggelontorkan dana hibah sebesar 2 juta dolar AS, atau kurang lebih setara dengan Rp 28,7 miliar untuk mendorong peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

Hal itu disampaikan President Google Asia Pacific Scott Beaumont dalam ajang tahunan "Google for Indonesia 2021" yang digelar secara virtual, Kamis (2/12/2021).

Menurut Scott, suntikan dana tersebut bakal diwujudkan dalam bentuk beasiswa kursus online yang diberikan kepada mitra Google, Inco Academy.

Nantinya, Inco akan membantu melatih 10.000 orang Indonesia melalui program Google IT Support Certificate di platform pembelajaran online Coursera.

President Google Asia Pacific, Scott Beaumont dalam acara virtual Google for Indonesia 2021, Kamis (2/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN President Google Asia Pacific, Scott Beaumont dalam acara virtual Google for Indonesia 2021, Kamis (2/12/2021).

"Inco tak hanya akan memberikan beasiswa kepada 10.000 orang, namun juga bakal membantu mereka sukses di masa depan dengan bantuan tutor, pelatihan kesiapan kerja, penyesuaian minat kerja, dan masih banyak lagi," tutur Scott.

Baca juga: Google Gelar Program Pelatihan Untuk Developer Game Indie

Managing Editor Google Indonesia, Randy Jusuf menjelaskan bahwa modul Google IT Support Certificate sendiri merupakan sertifikat karier level profesional yang paling dicari di Coursera.

Menurut dia, program pemberian sertifikat level profesional ini bisa membekali para penerima beasiswa dengan landasan pengetahuan dan kemampuan siap kerja, untuk memulai karier baru di beberapa bidang teknologi di masa depan.

"Google IT Support Certificate dapat membantu orang-orang Indonesia mendapatkan kemampuan yang diperlukan untuk memulai karier sebagai system analyst, database administrator, network engineer, IT specialist, atau teknisi help desk,” jelas Randy pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Aplikasi Android, Ini Kelas Online dan Buku dari Dicoding

Managing Editor Google Indonesia, Randy Jusuf dalam gelaran virtual Google for Indonesia 2021, Kamis (2/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Managing Editor Google Indonesia, Randy Jusuf dalam gelaran virtual Google for Indonesia 2021, Kamis (2/12/2021).

Nah, sebagai penerima hibah Google.org, Inco juga akan bermitra dengan Yayasan Plan International Indonesia (YPII) untuk pemberian beasiswa IT Certificate tadi melalui program "Work in Tech".

Melalui program ini, Inco dan YPII akan membantu para peserta program tersebut yang dianggap kurang beruntung dan terlayani, supaya mereka bisa menyelesaikan kursus online tersebut dengan lancar.

Baca juga: Google Gelar Pelatihan Virtual Gratis untuk Pelaku Startup

Di samping itu, Google.org juga akan membantu memfasilitasi upaya sukarela dari karyawan Google dan menyediakan donasi non-finansial untuk membantu para peserta program saat menjalani kursus online tersebut.

“Kami harap akses ke kredensial karier ini dapat mempermudah anak muda di Indonesia berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi digital di Tanah Air," pungkas Scott.

Informasi selengkapnya mengenai program beasiswa IT Certificate ini, begitu juga cara untuk berpartisipasi dalam program tersebut, dapat disimak melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.