Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Gelar Pelatihan Mahasiswa "Bangkit 2022", Begini Cara Daftarnya

Kompas.com - 02/12/2021, 16:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google membuka program pengembangan dan pelatihan mahasiswa bertajuk "Bangun Kualitas Manusia Indonesia" (Bangkit) untuk tahun 2022. Pada program kali ini, Google menargetkan sebanyak 3.000 mahasiswa untuk ikut serta.

Dalam program Bangkit 2022 ini, mahasiswa yang ikut serta dapat memilih tiga topik tersedia yang akan dipelajari. Ketiga topik tersebut mencakup Machine Learning, Android Mobile Development, dan Cloud Computing.

Hal itu diumumkan President Google Asia Pacific, Scott Beaumont, dalam acara "Google for Indonesia 2021" yang digelar secara virtual, Kamis (2/12/2021).

"Kami bangga menghadirkan kembali program Bangkit dengan mitra baru untuk 2022. Tahun ini kami bekerja sama dengan GoTo, Traveloka, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program 'Kampus Merdeka'," ujar Scott.

Baca juga: Google dan Perusahaan Siber Cari Formula Ideal Iklan Digital

President Google Asia Pacific, Scott Beaumont dalam acara virtual Google for Indonesia 2021, Kamis (2/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN President Google Asia Pacific, Scott Beaumont dalam acara virtual Google for Indonesia 2021, Kamis (2/12/2021).
Sama seperti program sebelumnya, Bangkit 2022 juga bakal menerima ribuan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengikuti program tersebut. Ini adalah tahun ketiga program tersebut diselenggarakan.

"Kami kini menerima 3.000 aplikasi dari mahasiswa yang berada di Indonesia," imbuh Scott.

Untuk mempermudah proses pembelajaran, Google juga kini bakal memberikan modul khusus bagi para peserta yang tidak memiliki latar belakang di bidang IT, dan menyediakan modul pembelajaran dalam bahasa Inggris.

Syarat ikut program Bangkit 2022

Ilustrasi program Bangkit 2022.Google Ilustrasi program Bangkit 2022.
Program Bangkit 2022 bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia secara gratis.

Syarat utama untuk mengikuti Bangkit 2022 adalah, calon peserta merupakan mahasiswa D4 atau S1 dari kampus yang terakreditasi di Indonesia, yang telah menjalani 5 semester dalam kegiatan perkuliahan.

Baca juga: Kreator Konten Edukasi Sulit Ikuti Trending di YouTube, Ini Alasannya

Lalu, peserta juga bersedia untuk mengikuti pembelajaran lebih dari 40 jam per minggu, dan menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan dalam periode pembelajaran Bangkit 2022.

Pendaftaran Bangkit 2022 sendiri telah dibuka mulai hari ini, Kamis (2/12/2021) hingga 31 Desember 2021 mendatang.

Nantinya, Google bakal menyeleksi para mahasiswa yang berhak mengikuti program tersebut dan mengumumkannya pada 2 Februari 2022 mendatang.

Program ini akan berlangsung pada semester genap, yakni mulai dari minggu kedua Februari 2022 hingga minggu pertama Juli 2022.

Peserta yang lulus dari program Bangkit 2022 ini akan dianggap menyelesaikan pembelajaran atau kelas kuliah setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

Nantinya, hasil program ini dapat diakumulasikan ke penghitungan SKS di kampus terkait.

Para peserta juga bisa mendapatkan sertifikat Google sebagai tanda bukti lulusan program Bangkit 2022, serta berkesempatan untuk mendapatkan kerja di ajang Bangkit Career Fair.

Informasi selengkapnya mengenai program pengembangan kemampuan mahasiswa ini bisa disimak melalui tautan berikut.

Baca juga: Google Sediakan Tempat Khusus Aplikasi Edukasi Anak di Play Store

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com