Begini Cara Mengunci Akun Instagram Agar Lebih Aman

Kompas.com - 02/12/2021, 19:01 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial paling populer. Media sosial ini digemari banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Mereka memanfaatkan Instagram untuk berbagi foto dan video ke lebih banyak orang. Walaupun menjadi tempat berbagi foto dan video, tidak semua orang ingin hal tersebut dibagikan ke publik.

Tidak sedikit  orang yang hanya ingin foto dan videonya, dibagikan ke orang terdekat yang mereka kenal di media sosial. Ada juga orang yang sangat menjaga privasi, tidak mau fotonya menjadi konsumsi publik.

Baca juga: Durasi Konten Instagram Stories Akan Diperpanjang Jadi 60 Detik?

Menjawab permasalahan ini, Instagram memiliki fitur khusus untuk menjaga privasi, yakni mambuat akun menjadi privat. Cara membuat akun Instagram menjadi privat adalah dengan menggembok atau mengunci akun.

Mengunci akun Instagram dapat mencegah penyalahgunaan foto oleh orang lain. Sebab, foto dan video yang kita unggah (upload) hanya bisa dilihat oleh pengikut (followers) kita saja.

Mengubah akun Instagram menjadi mode privat terbilang mudah. Berikut cara mengunci akun Instagram:

  1. Login menggunakan akun Instagram terlebih dahulu.
  2. Kemudian pergi ke halaman profil Instagram.
  3. Masuk ke menu "pengaturan".
  4. Lalu pilih "privasi", kemudian "privasi akun".
  5. Di opsi "akun privat", geser toggle/tombol ke kanan hingga berubah menjadi warna biru.
  6. Klik tombol "ubah ke privat".
  7. Setelah berhasil, akun Instagram akan berubah menjadi akun privat.
  8. Apabila ingin membuka gembok akun Instagram, cukup geser toggle ke kiri.

Baca juga: Cara Login Instagram dengan Banyak Akun Sekaligus

Jika tidak mendapatkan menu seperti diatas, pastikan kamu sudah memperbarui (update) aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Cara mengunci atau membuka gembok akun Instagram.Kompas.com/Cinthia Pasha Cara mengunci atau membuka gembok akun Instagram.

Manfaat mode privat di Instagram

Mengunci akun Instagram akan membuat privasi anda lebih terjaga. Sebab, hanya akun yang sudah menjadi followers saja yang bisa melihat laman profil, termasuk foto dan video yang Anda bagikan.

Fitur privasi ini juga meminimalisir peluang para pencuri untuk mengambil foto dan video yang Anda bagikan. Selain itu, mengunci akun Instagram juga bisa mengurangi spam yang "mengotori" akun dan kolom komentar di unggahan foto maupun video, seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/12/2021).

Pengguna juga menjadi lebih mudah dalam mengontrol siapa saja yang disetujui untuk menjadi followers dan diizinkan untuk melihat foto dan videonya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.