Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengunci Akun Instagram Agar Lebih Aman

Kompas.com - 02/12/2021, 19:01 WIB
CA,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial paling populer. Media sosial ini digemari banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Mereka memanfaatkan Instagram untuk berbagi foto dan video ke lebih banyak orang. Walaupun menjadi tempat berbagi foto dan video, tidak semua orang ingin hal tersebut dibagikan ke publik.

Tidak sedikit  orang yang hanya ingin foto dan videonya, dibagikan ke orang terdekat yang mereka kenal di media sosial. Ada juga orang yang sangat menjaga privasi, tidak mau fotonya menjadi konsumsi publik.

Baca juga: Durasi Konten Instagram Stories Akan Diperpanjang Jadi 60 Detik?

Menjawab permasalahan ini, Instagram memiliki fitur khusus untuk menjaga privasi, yakni mambuat akun menjadi privat. Cara membuat akun Instagram menjadi privat adalah dengan menggembok atau mengunci akun.

Mengunci akun Instagram dapat mencegah penyalahgunaan foto oleh orang lain. Sebab, foto dan video yang kita unggah (upload) hanya bisa dilihat oleh pengikut (followers) kita saja.

Mengubah akun Instagram menjadi mode privat terbilang mudah. Berikut cara mengunci akun Instagram:

  1. Login menggunakan akun Instagram terlebih dahulu.
  2. Kemudian pergi ke halaman profil Instagram.
  3. Masuk ke menu "pengaturan".
  4. Lalu pilih "privasi", kemudian "privasi akun".
  5. Di opsi "akun privat", geser toggle/tombol ke kanan hingga berubah menjadi warna biru.
  6. Klik tombol "ubah ke privat".
  7. Setelah berhasil, akun Instagram akan berubah menjadi akun privat.
  8. Apabila ingin membuka gembok akun Instagram, cukup geser toggle ke kiri.

Baca juga: Cara Login Instagram dengan Banyak Akun Sekaligus

Jika tidak mendapatkan menu seperti diatas, pastikan kamu sudah memperbarui (update) aplikasi Instagram ke versi terbaru.

Cara mengunci atau membuka gembok akun Instagram.Kompas.com/Cinthia Pasha Cara mengunci atau membuka gembok akun Instagram.

Manfaat mode privat di Instagram

Mengunci akun Instagram akan membuat privasi anda lebih terjaga. Sebab, hanya akun yang sudah menjadi followers saja yang bisa melihat laman profil, termasuk foto dan video yang Anda bagikan.

Fitur privasi ini juga meminimalisir peluang para pencuri untuk mengambil foto dan video yang Anda bagikan. Selain itu, mengunci akun Instagram juga bisa mengurangi spam yang "mengotori" akun dan kolom komentar di unggahan foto maupun video, seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/12/2021).

Pengguna juga menjadi lebih mudah dalam mengontrol siapa saja yang disetujui untuk menjadi followers dan diizinkan untuk melihat foto dan videonya.

Sedikit catatan, untuk followers yang sudah mengikuti akun Anda sebelum berubah ke mode privat, maka akun itu masih akan tetap mendapat izin untuk melihat profil. Itu berarti jika ada orang yang ingin Anda tolak aksesnya, Anda harus menghapusnya dari daftar pengikut.

Baca juga: Cara Menghapus Follower di Instagram Tanpa Ketahuan

Keamanan dan privasi memang harus dijaga, mengingat begitu mudahnya pertukaran informasi di dunia maya saat ini. Hal itulah yang memicu banyaknya kejahatan siber atau kriminalitas di dunia maya, seperti penipuan online, peretasan, penipuan identitas, phishing, atau lainnya.

Meskipun akun Instagram sudah bersifat pribadi, namun Anda harus tetap bijak dalam mengnunggah konten di akun Instagram Anda.

Itulah cara mengunci akun Instagram untuk membantu Anda terhindar dari kejahatan digital. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com