Sejumlah Sekolah Tunda Ujian Semester Imbas Kebakaran Gedung Cyber

Kompas.com - 03/12/2021, 08:40 WIB
Allisya Purbaya (15 tahun), seorang warga Jayapura yang sedang berada di Timika untuk mengikuti ujian secara daring, Mimika, Papua, Sabtu (8/4/2021) KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIAllisya Purbaya (15 tahun), seorang warga Jayapura yang sedang berada di Timika untuk mengikuti ujian secara daring, Mimika, Papua, Sabtu (8/4/2021)

KOMPAS.com - Gedung Cyber 1 yang berada di Jalan Kuningan Barat Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, mengalami insiden kebakaran pada Kamis (2/12/2021) siang.

Gedung Cyber sendiri merupakan salah satu lokasi penyimpanan server atau data center sejumlah perusahaan teknologi di Indonesia. Alhasil, kebakaran tersebut sempat membuat sejumlah aplikasi dan layanan web hosting mengalami gangguan pada Kamis siang.

Sehari setelah kebakaran atau hari ini, Jumat (3/12/2021), kebakaran di Gedung Cyber ternyata ikut berdampak pada penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil berbasis komputer di sejumlah sekolah.

PAS di beberapa sekolah dijadwalkan berlangsung pada pekan ini, yaitu dari 29 November hingga 4 Desember.

Baca juga: Daftar Aplikasi yang Tumbang Akibat Kebakaran Gedung Cyber

Menurut pantauan KompasTekno di Twitter, sejumlah warganet melaporkan bahwa PAS yang seharusnya dilangsungkan hari ini, Jumat (3/12/2021), ditunda karena server yang digunakan untuk ujian PAS masih terdampak kebakaran Gedung Cyber.

"Gedung cyber kebakaran, PAS gue ditunda hahayyh," tuit akun Twitter bernama Anin, pada Jumat pagi.

Seorang netizen turut menyertakan sebuah tangkapan layar dari sebuah chat WhatsApp. Isinya soal pemberitahuan bahwa jadwal Penilaian Akhir Semester hari Jumat di sekolahnya ditunda dan dimundurkan.

"Sehubungan dengan masih terputusnya jaringan listrik provider server ujian, maka dengan berat hati kami sampaikan bahwa jadwal PAS besok (Jumat) dimundurkan," tulis isi pemberitahuan.

Salah satu sekolah menengah atas (SMA) negeri di bilangan Kemanggisan, Jakarta Barat juga ikut menunda pelaksanaan PAS pada Jumat ini.

Baca juga: Kebakaran di Gedung Cyber Kuningan, Layanan Internet dan Web Hosting Terdampak

Dalam sebuah broadcast yang diterima oleh KompasTekno, pihak sekolah mengabarkan bahwa penundaan tersebut dilakukan karena data center provider CBT (Computer Based Test) yang digunakan untuk pelaksanaan PAS terdampak kebakaran.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.